Selasa , 08 Jun 2021, 13:43 WIB

Wembley, Venue Euro 2020 Kebanggaan Inggris yang Mendunia

Rep: Frederikus Bata / Red: Israr Itah
Stadion Wembley Inggris, tuan rumah laga Inggris di Grup D dan final di Euro 2020.
Foto EPA-EFE/ANDY RAIN

Stadion Wembley Inggris, tuan rumah laga Inggris di Grup D dan final di Euro 2020.

Wembley menggelar pertandingan Inggris di Grup D Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Stadion Wembley salah satu situs bersejarah di dunia sepak bola, tidak hanya untuk Inggris. Ada banyak pertandingan penting yang pernah berlangsung di arena yang terletak di kota London itu. Dua di antaranya, final Liga Champions musim 2010/11 dan 2012/13.

Wembley juga bisa digunakan untuk cabang olahraga lain seperti rugby, American football, serta tinju. Bahkan pertunjukan musik biasa digelar di sana. Salah satu contohnya pada 2007 lalu, Elthon John menggelar konser mengenang mendiang Putri Diana di arena tersebut.

Baca Juga

Multifungsi, tapi sepak bola tetap menjadi menu utama jika bicara Stadion Wembley. Tugas penting sudah menanti arena berkapasitas 90 ribu kursi itu. Ini terkait penyelenggaraan Euro 2020.

Turnamen ini mengalami penundaan. Lantaran pandemi covid-19, Piala Eropa edisi terkini, mundur setahun dari jadwal awal. Tepatnya pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Tim nasional Inggris yang tergabung di Grup D, menjamu lawan-lawannya di Wembley. Pertama the Three Lions menghadapi Kroasia (13/6), Skotlandia (18/6), dan Republik Ceska (22/6). Dua pertandingan pada babak 16 besar juga digelar di sana. Pertama, duel antara juara Grup A melawan runner up Grup C. Itu berlangsung pada 26 Juni 2021. Setelahnya juara Grup D berhadapan dengan peringkat kedua Grup F (29/6).

Stadion Wembley juga mendapat kehormatan untuk menjadi venue dua laga semifinal, dan final. Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah meminta jaminan dari tuan rumah agar memperbolehkan penonton memasuki tribun. Kendati kapasitas stadion tidak terisi penuh, tapi semarak arena tersebut bakal terasa.

Pasalnya, sejumlah duel puncak di Inggris sudah sering berlangsung di situ. Ada final Piala FA, Piala Liga atau Carabao Cup, serta Community Shield. Sehingga Stadion Wembley terbiasa dengan atmosfer level tinggi.

Kemegahan Wembley yang terlihat di generasi terkini, merupakan hasil renovasi. Lebih tepatnya pembangunan ulang dengan kontruksi berbeda.

Stadion kebanggaan rakyat Inggris sudah berdiri sejak 1923. Ada laga paling bersejarah bagi skuad Negeri Ratu Elisabeth yang pernah berlangsung di arena tersebut. Pada 1966, the Three Lions menjadi juara dunia setelah mengalahkan Jerman Barat pada babak final dengan skor 4-2 di stadion itu.

Tahun berganti tahun, Stadion Wembley yang lama akhirnya dirubuhkan pada September 2002. Pembangunan New Wembley berlangsung selama empat tahun, dari 2003 hingga 2007. Proyek tersebut, menelan biaya 789 juta poundsterling saat itu.

Pada 9 Maret 2007, New Wembley resmi dibuka. Pertandingan pertama di arena tersebut, yang melibatkan para profesional, berlangsung dua pekan kemudian. Timnas Inggris U-21 berhadapan dengan timnas Italia U-21. 

Rekor penonton terbanyak di Stadion Wembley justru tidak berhubungan dengan nama elite di dunia sepak bola. Pada final Piala FA 2008, sebanyak 89.974 tiket terjual. Saat itu, dua tim semenjana, Portsmouth dan Cardiff City, berjibaku di lapangan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
stadion wembley venue euro 2020 venue piala eropa stadion euro 2020 stadion piala eropa 2020 inggris vs kroasia inggrisvskroasiaeuro2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya