Selasa , 08 Jun 2021, 20:12 WIB

Southgate Berharap tak Ada Lagi Penggawa Inggris yang Cedera

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Israr Itah
Gareth Southgate (tengah) bersama timnas Inggris. (ilustrasi)
Foto AP Photo/Natacha Pisarenko

Gareth Southgate (tengah) bersama timnas Inggris. (ilustrasi)

Inggris melakoni laga pembuka Grup D Euro 2020 kontra Kroasia, Ahad (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate telah memiliki gambaran soal komposisi pemain di starting line-up the Three Lions dalam laga pembuka Grup D Euro 2020 kontra Kroasia, Ahad (13/6) malam WIB. Southgate berharap, semua rencana itu tidak buyar akibat adanya pemain Inggris yang mengalami cedera. 

Sebelum mengawali kiprah di putaran final Euro 2020, Inggris telah melakoni dua laga uji coba menghadapi Austria dan Rumania. Semifinalis Piala Dunia 2018 itu mengemas kemenangan tipis 1-0 dari dua laga tersebut. Setelah laga kontra Rumania, akhir pekan lalu, Southgate mengakui sudah memiliki rencana soal pemain-pemain yang bakal diturunkan sebagai starter lawan Kroasia. Ia berharap tak ada cedera yang membuat Southgate terpaksa mengubah berbagai rencana yang telah disusunnya. 

Baca Juga

"Setiap kali, setidaknya dalam tiga bulan terakhir, saya sudah memiliki rencana soal susunan pemain. Namun, rencana itu kerap berubah secara drastis. Sayangnya, perubahan itu terpaksa dilakukan karena ada pemain yang cedera. Jadi, mari berharap, kami bisa melewati pekan ini, tanpa ada pemain yang cedera,'' kata Southgate seperti dikutip BBC, Selasa (8/6). 

Sebelumnya, timnas Inggris sudah ditinggal Trent Alexander-Arnold lantaran mengalami cedera paha di laga kontra Austria. Sebagai pengganti bek kanan Liverpool itu, Southgate memanggil pemain bertahan Brighton and Hove Albion, Ben White. Kendati begitu, mantan pelatih Middlesbrough itu masih memiliki kekhawatiran soal kesiapan kondisi sejumlah penggawa the Three Lions. 

Gelandang Liverpool Jordan Henderson dilaporkan belum berada dalam kondisi kebugaran terbaiknya. Selain itu, Harry Maguire juga belum sepenuhnya pulih dari cedera engkel. Cedera ringan dialami winger Arsenal Bukayo Saka. Setelah mendapatkan jatah libur selama sehari, para penggawa Inggris diharapkan sudah memulai pemusatan latihan pada Selasa (8/6) waktu setempat. Selama satu bulan mendatang atau selama mengikuti putaran final Piala Eropa 2020, The Three Lions akan melakoni kebijakan gelembung yang diterapkan UEFA. 

Dalam persiapan terakhir merumput di Euro 2020, Southgate mengaku tidak mau langsung membebani anak-anak asuhnya dengan porsi latihan yang berat. Ini menjadi salah satu langkah agar para penggawa Inggris terhindar dari cedera. ''Saya harap, kami bisa menghindari kemungkinan cedera ataupun masalah kesehatan pemain dalam beberapa hari mendatang,'' kata bek timnas Inggris di Euro 1996 tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
gareth southgate timnas inggris euro 2020 piala eropa 2020 harry kane inggris vs kroasia inggrisvskroasiaeuro2020 stadion wembley uefa jadwal euro 2020 jadwal siaran langsung euro 2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya