Selasa 08 Jun 2021 23:19 WIB

Vaksin Covid-19 Subunit Protein akan Segera Dirilis

Vaksin Covid-19 subunit Novavax akan tersedia saat musim panas di AS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Vaksin Covid-19 subunit Novavax akan tersedia saat musim panas di AS.
Foto: AP/Alberto Pezzali
Vaksin Covid-19 subunit Novavax akan tersedia saat musim panas di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Jenis vaksin COVID-19 baru akan segera tersedia pada musim panas ini di AS, yang dikenal sebagai vaksin subunit protein. Vaksin subunit protein COVID-19 pertama yang tersedia kemungkinan akan datang dari perusahaan biotek, Novavax, dilansir di NPR, Selasa (7/6).

Berbeda dengan tiga vaksin yang sudah disahkan di AS, vaksin ini mengandung protein lonjakan itu sendiri, bersama dengan bahan pembantu yang meningkatkan respons sistem kekebalan untuk membuat vaksin lebih protektif. Vaksin ini bekerja agak berbeda dari vaksin yang diizinkan untuk digunakan di AS. Hal ini berdasarkan pada teknologi yang dipahami dengan baik dan tidak memerlukan pendinginan khusus.

Baca Juga

Secara umum, vaksin tersebut bekerja dengan menunjukkan sistem kekebalan seseorang sebagai sesuatu yang terlihat seperti virus. Hal itu disebut sebagai peringatan dini.

Jika virus yang sebenarnya pernah muncul, sistem kekebalan siap untuk mencoba memadamkannya. Dalam kasus virus corona, 'sesuatu' itu adalah salah satu protein dalam virus.

Vaksin yang dibuat oleh Johnson & Johnson, Moderna dan Pfizer mengandung instruksi genetik untuk protein lonjakan, dan terserah pada sel-sel dalam tubuh kita untuk membuat protein itu sendiri. 

Vaksin subunit protein yang dibuat dengan cara ini sudah ada sejak lama, di antaranya vaksin di pasaran untuk hepatitis B dan pertusis berdasarkan teknologi ini. Untuk membuat protein virus, Novavax menggunakan tong sel raksasa yang ditanam di laboratorium. 

 

Tanaman yang digunakan terkait dengan tanaman tembakau, dan telah dimodifikasi untuk memuat instruksi genetik untuk membuat protein virus. Tumbuhan melakukan sesuatu yang sangat berharga, mereka membuat cangkang lipid yang mengelilingi sekelompok protein virus dengan protein mencuat.

"Tanaman akan merakit protein dalam bentuk yang terlihat, seperti virus," kata Nathalie Landry, wakil presiden eksekutif Medicago untuk urusan ilmiah dan medis.  

"Jadi, jika Anda melihat gambarnya, itu terlihat seperti virus, tetapi tidak dapat menyebabkan penyakit apa pun. Tetapi ketika disuntikkan sebagai vaksin, tubuh Anda akan meningkatkan respons kekebalan yang baik," jelasnya.

Studi awal menunjukkan bahwa perusahaan tersebut cukup yakin dengan temuan tersebut. Perusahaan telah memulai studi besar pada orang yang dapat melibatkan sebanyak 30 ribu sukarelawan di 11 negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement