Kamis 10 Jun 2021 19:00 WIB

PM Bangladesh Resmikan 50 Model Masjid Nasional

50 model masjid nasional diresmikan PM Bangladesh.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
PM Bangladesh Resmikan 50 Model Masjid Nasional. Foto ilustrasi: Masjid Chittagong Bangladesh
Foto: bustler.net
PM Bangladesh Resmikan 50 Model Masjid Nasional. Foto ilustrasi: Masjid Chittagong Bangladesh

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, akan meluncurkan 50 dari 560 model masjid hari ini, Kamis (10/6).

Model masjid dan pusat budaya Islam akan dibangun di seluruh negeri dengan perkiraan biaya sekitar 87.220.000 Taka Bangladesh atau Rp 14,6 miliar.

Baca Juga

Dilansir di The Daily Star, Kamis (10/6), wakil direktur proyek, Shafique Talukder, menyebut setelah diterapkan, sekitar 5,50 lakh umat dapat melaksanakan sholat di masjid-masjid ini. Dia juga mengatakan akan ada fasilitas bagi penyandang disabilitas sehingga mereka bisa sholat di masjid.

Talukder mengatakan 69 masjid akan dibangun di 64 perusahaan kabupaten dan kota, 475 di upazila dan 16 di daerah pesisir. Masjid kabupaten akan berlantai empat dengan fasilitas parkir. Menurut dokumen proyek, masjid-masjid di upazila akan berlantai tiga sementara lantai dasar masjid-masjid di daerah pesisir akan dibiarkan kosong untuk menyediakan tempat berlindung selama bencana.

Selain itu, 100 model masjid lainnya akan diresmikan pada akhir tahun ini, sekaligus menandai ulang tahun keseratus Bapak Bangsa, Bangabandhu Sheikh Mujibur.

"Masjid juga akan memiliki program pelatihan untuk imam dan jamaah haji,” kata Talukder.

Imam Masjid Model Savar Upazila, Maruf Billah, mengatakan masjid-masjid ini akan berfungsi sebagai pusat penelitian Islam dan menyebarkan pesan Islam yang sebenarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement