Ahad 13 Jun 2021 23:33 WIB

Lewat Webinar, UNM Sukses Beri Wawasan Bisnis Analis

Seorang bisnis analis harus berfikir inovatif.

Red: Irwan Kelana
Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM)  menggelar webinar bertema Tackling Challenge Whitin a Business Analyst Role, Selasa (8/6).
Foto: Dok UNM
Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar bertema Tackling Challenge Whitin a Business Analyst Role, Selasa (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lewat webinar program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) memberi wawasan pengetahuan kepada seluruh peserta tentnag analis. Kegiatan webinar dihadiri sebanyak 146 peserta, yang dilaksanakan secara daring via zoom  pada Selasa (8/6) lalu, mulai pukul 13.00 WIB.

Webinar bertema ‘Tackling Challenge Whitin a Business Analyst Role’ menghadirkan alumnus kampus Nusa Mandiri yaitu Muhammad Azhar selaku system analyst dan Coaching team di PT ILCS.

Muhammad Azhar mengatakan seorang bisnis analis haruslah memiliki kemampuan dalam melakukan pengembangan produk, dari tahap kebutuhan produk, analisis produk dan kebutuhan teknis.

“Kebutuhan akan tiga aspek tersebut harus mendalam dan detail dipahami seorang bisnis analis. Karena pada dasarnya menjadi seorang bisnis analis haruslah berfikir inovatif,” ungkapnya saat menyampaikan materi webinar, Selasa (8/6) lalu.

Ia menambahkan, seorang bisnis analis harus paham terhadap domain problem yang sedang berjalan, dan seorang bisnis analis harus sadar betul bagaimana projek atau pekerjaan untuk target masa depan.

“Berinteraksi dan berkomunikasi dengan user juga stakeholder adalah tugas utama dari seorang bisnis analis. Maka dari itu seorang bisnis analis harus cakap dalam berinteraksi dan berkomunikasi, guna menghasilkan target yang sesuai dengan rencana,” katanya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sementara itu, Titin Kristina menyampaikan bahwa, dengan webinar ini bisa memberi tambahan wawasan tentang sistem analis dan mengetahui kemampuan apa aja yang harus dimiliki oleh seorang analyst system. 

“Semoga dengan terlaksananya webinar ini peserta terpacu untuk mendalami dan mempelajari tentang analyst system secara mendalam untuk bekal masa depan,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement