Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Bambang

BTS Meal Antara Good Innovation Product dan Bad Distribution

Bisnis | Sunday, 13 Jun 2021, 17:00 WIB

Akhir-akhirnya kita mendapatkan pandangan bagaimana antusiasnya penggemar grup K-pop asal Korea Selatan tersebut, yang dikenal dengan nama Army untuk mendapatkan product baru dari McDonald's yaitu BTS Meal.

BTS Meal merupakan hasil kerja sama antara restoran cepat saji McDonald's dan grup K-pop asal Korea Selatan, BTS, berupa menu makanan yang berisi paket nugget ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas dengan kemasan khusus berwarna ungu. Juga disertai dua saus (dipping sauce), saus pedas manis, dan saus Cajun khas Korea Selatan.

Kehadiran produk BTS Meal ditengah-tengah kelesuan pembelian produk McD akibat pandemik tentunya inovasi produk ini tergolong sukses. Kesuksesan ini tentunya dapat diamati dari bagaimana antrean panjang ojol dalam menerima pesanan para Army. Selain itu juga menjadi trending topic Twitter dengan hashtag BTSxMcD dan juga #BTSMeal. Kesuksesan dari produk BTS Meal ini sayangnya kurang dibarengi langkah sigap saat distribusi.

Dimasa pandemik seperti sekarang ini tentunya pelaku usaha harus super hati-hati dalam mengeluarkan produk unggulan. Supaya tidak kena semprit Satgas Covid19. Langkah McD yang meyalani pembelian produk BTS Meal dengan layanan online saja belum cukup. Harusnya pihak McD menerapkan sistem Online dan Berbatas. Yang dimaksud dengan sistem Online dan Berbatas adalah pembelian hanya dilayanan dengan online tapi dibagi menjadi beberapa sesi pembelian. Misalnya sesi 1 jam 07-08 dengan pelayanani drive thru, jumlah dibatasi 100 pembeli. Sesi kedua 2 jam 08.30-09.30 dan seterusnya. Sehingga setiap sesi ada 30 menit untuk mempersiapkan produk yang siap dibawa.

Dengan sistem Online dan Berbatas maka tidak ada penumpukan pembeli.

Dimasa pandemik ini bagi para pelaku usaha apa yang dilakukan McD dengan mengeluarkan produk unggulan menjadi pelajaran sendiri. Sekarang ini tidak cukup berpikir membuat inovasi produk unggulan, namun juga harus dipikirkan bagaimana langkah terbaik dalam distribusi produk. Sehingga tidak kena semprit Satgas Covid19.

Selamat berinovasi produk dan distribusinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image