Senin 14 Jun 2021 09:26 WIB

Penjualan Mobil Bekas Mulai Naik Imbas Mobil Baru Inden

Diskon PPnBM membuat mobil baru inden membuat konsumen memilih mobil bekas.

Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi sentra penjualan mobil bekas.
Foto: Republika/Wihdan
Ilustrasi sentra penjualan mobil bekas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Sejumlah pengusaha mobil bekas di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung mengatakan bahwa penjualan mobil bekas mulai meningkat. Angka ini dibandingkan dengan awal keluarnya kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) oleh pemerintah.

"Penjualan mobil makin meningkat, begitu pula dengan harga mobil bekas dari berbagai jenis," kata salah satu pemilik gerai penjualan mobil bekas Aleph Tav Motor, Chandra, di Bandarlampung, Ahad (13/6).

Baca Juga

Peningkatan penjualan mobil bekas ini pun dipengaruhi oleh permintaan konsumen yang melonjak. Dia kini dapat menjual 10 unit kendaraan berbagai jenis dalam satu bulan.

"Jika dibandingkan pada awal kebijakan PPnBM, sekarang penjualan mobil bekas sedang melonjak, kalau kemarin kami maksimal hanya lima yang terjual, saat ini 10 sampai 15 unit dapat terjual, itu pun kalau barangnya ada," kata dia lagi.

Sementara itu, salah satu pemilik gerai penjualan mobil bekas lainnya, Bangkit Sahabat Indo, Rifan mengatakan mulai meningkatnya penjualan mobil bekas sebab kebanyakan mobil yang terkena PPnBM tidak siap (ready).

"Kalau kami pesan mobil dengan PPnBM itu kan booking dulu proses mobilnya konsumen harus nunggu tiga sampai enam bulan, walaupun ada yang sudah siap, tapi kebanyakan mobil tidak ready," katanya.

Harga mobil bekas dengan mobil yang terkena PPnBM pun tidak berselisih jauh pada kisaran Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 lebih mahal."Untuk mobil bekas yang paling banyak dicari yakni Toyota Avanza dan Kijang Innova," kata dia.

Harga mobil bekas Avanza tahun 2021 sekarang berada di kisaran Rp 115 juta hingga Rp 120 juta. Sebelumnya saat ada kebijakan PPnBM harganya berada di Rp 100 juta hingga Rp 105 juta.

"Innova tahun 2012 pas awal PPnBM kami jual Rp 150 juta sampai Rp 155 juta, sekarang Rp 160 hingga Rp 165 juta, Honda Mobilio type E manual tahun 2014 sebelumnya Rp 105 juta hingga Rp 110 juta, sekarang di kisaran Rp 115 juta sampai Rp 125 juta, dan Daihatsu Xenia R Deluxe manual tahun 2013 sebelumnya dijual Rp 85 juta hingga Rp 90 juta, sekarang Rp 100 juta hingga Rp 105 juta, ini mobil bekas yang juga sering dicari konsumen," kata dia pula.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement