Senin 14 Jun 2021 14:45 WIB

Setelah Dinyatakan Lulus SBMPTN, Jangan Lupa Daftar Ulang

Segera lihat persyaratan daftar ulang di perguruan tinggi yang bersangkutan. 

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Agus Yulianto
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2021 pada hari ini, Senin (14/6) pukul 15.00 WIB. Bagi para calon mahasiswa yang nantinya diterima, Ketua pelaksana eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan, beberapa hal yang perlu dilakukan.

Budi mengatakan, setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus SBMTPN, yang perlu dilakukan oleh mereka adalah melihat persyaratan daftar ulang di perguruan tinggi yang bersangkutan. "Pada saat mereka melihat pengumuman itu, kan sudah ada (keterangan) bahwa harus melihat persyaratan pendaftaran ulang di masing-masing perguruan tinggi itu seperti apa. Di situ termasuk sudah kita beri linknya," kata Budi, dalam telekonferensi Hasil SBMPTN 2021, Senin.

Link yang tertera pada laman keterangan lulus akan langsung mengantarkan calon mahasiswa ke laman masing-masing perguruan tinggi. Di situ, para calon mahasiswa bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran ulang atau registrasi.

Hal yang sama juga perlu dilakukan bagi calon mahasiswa peserta KIP Kuliah. Persyaratan dari masing-masing perguruan tinggi sudah ada dan akan diberikan link yang juga mengantarkan calon mahasiswa peserta KIP Kuliah ke laman perguruan tingginya.

Secara garis besar, yang perlu dipersiapkan para calon mahasiswa peserta KIP Kuliah adalah dokumen-dokumen yang mendukung bahwa yang bersangkutan memang layak mendapatkan KIP Kuliah. Misalnya, lanjut Budi, surat keterangan bahwa mahasiswa yang bersangkutan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

"Kan sudah diminta upload ini, upload itu, termasuk gambar rumah, penghasilan bapak ibu, dan sebagainya termasuk yang harus dibawa, ditunjukkan pada waktu melakukan daftar ulang," kata Budi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement