Senin 14 Jun 2021 14:51 WIB

Anies Sumbang Darah di Kantor PMI Jakarta

Gubernur DKI mengikuti donor darah guna memperingati Hari Donor Darah Se-Dunia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan donor darah di Kantor PMI DKI Jakarta dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Se-Dunia, Senin (14/6). Anies mengajak seluruh masyarakat Ibu Kota melakukan donasi darah untuk para pasien yang membutuhkan, terutama di masa pandemi Covid-19.

"Dengan adanya peringatan ini, memberikan kepada kita sebuah pesan di luar sana ada banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan berbentuk darah," kata Anies di Jakarta, Senin.

Menurut Anies, kepedulian masyarakat dalam melakukan donor darah sangat diperlukan, terutama bagi para pasien kritis yang amat membutuhkan darah. Karena itu, ia berharap masyarakat dapat lebih berperan aktif melakukan donasi darah, terutama jika dibandingkan dengan masa awal pandemi."

Mudah-mudahan kegiatan donor darah ini segera meningkat lagi. Sekarang jumlahnya sudah lebih banyak dibandingkan dengan masa di awal-awal pandemi," kata Anies.

PMI DKI Jakarta menggelar pos pemeriksaan golongan darah dan tensi secara gratis untuk masyarakat di kawasan Monas atau di dekat Patung Arjunawiwaha, Gambir, Jakarta Pusat, Ahad (13/6). Acara tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Donor Darah Sedunia.

Sekitar 200 alat tes golongan darah disiapkan oleh PMI DKI Jakarta. Selain itu juga, Pemprov DKI Jakarta menggerakkan seluruh instansi mulai dari tingkat kelurahan hingga Balai Kota untuk mendonorkan darah melalui PMI. PMI DKI menargetkan sebanyak 22.621 kantong darah terkumpul hingga akhir Juni 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement