Kamis 17 Jun 2021 12:29 WIB

Toyota Raize 1200 CC Bisa Dipesan Sekarang, Harganya Segini

Pihak TAM berupaya memangkas masa inden Raize pada kisaran 2 hingga 2,5 bulan.

Red: Hiru Muhammad
Menyusul suksesnya penjualan Raize turbo 1000 CC, PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai bulan ini telah memasarkan Toyota Raize 1200 cc.
Foto: istimewa
Menyusul suksesnya penjualan Raize turbo 1000 CC, PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai bulan ini telah memasarkan Toyota Raize 1200 cc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para konsumen yang telah lama menantikan kehadiran Toyota Raize 1200 cc ada kabar gembira. Menyusul suksesnya penjualan Raize turbo 1000 CC, PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai bulan ini telah memasarkan Toyota Raize 1200 cc. 

"Juni ini sudah bisa dipesan, pesanan dipercepat sekitar 2 bulanan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Kamis (17/6). Menurutnya, surat perintah kerja (SPK) Raize sangat baik hingga 14 Juni ini sejak diluncurkan telah mencapai 6.179 unit SPK. Pesanan terbesar adalah GR Sport CVT TSS yang mencapai 65 persen. 

Sebelumnya, pihak TAM berencana menawarkan Raise 1200 cc pada semester kedua atau Agustus mendatang. Namun, tingginya animo pasar atas Raize telah mendorong PT TAM untuk memajukan jadwal pemasaran Raize 1200 cc bulan ini. 

Namun, diakuinya banyaknya pesanan Raize 1000 cc turbo saat ini membuat daftar tunggu SUV andalan PT TAM tersebut cukup panjang, terutama bagi konsumen yang menghendaki dua warna beda. Sedangkan untuk satu warna, masa tunggunya lebih cepat. Harga Raize 1200 cc yang ditawarkan setelah diskon PPnBM dari sebelumnya di kisaran Rp 210 juta, kini hanya dikisaran Rp 202 jutaan. 

Meski demikian, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kapasitas produksi sehingga waktu tunggu bisa dipercepat. Apabila sepanjang Mei lalu banyak hari libur, bulan Juni dan Juli ini diperkirakan produksi bisa dipacu. Dengan begitu, diharapkan waktu inden hanya di kisaran 2 bulanan. "Ïtu waktu tunggu yang bisa diterima konsumen," kata Anton.

Adanya pandemi saat ini diakui masih menjadi kendala, tetapi kondisi saat ini sudah lebih baik dari tahun lalu. Namun, kebutuhan kendaraan pribadi sampai saat ini masih tinggi, terlebih pada masa pandemi yang mengharuskan pembatasan sosial saat di luar rumah. Pihaknya percaya dengan upaya yang dilakukan pemerintah, pandemi Covid-19 dapat ditekan semaksimal mungkin. "Semoga dampaknya tidak seperti tahun lalu," ujarnya.

Sejak diluncurkan hingga 14 Juni 2021, Toyota Raize membukukan total angka SPK sebanyak 6.179 unit. Tipe 1.0T GR Sport CVT membukukan SPK terbesar dengan total komposisi sebesar 57,4 persen dan type 1.0T GR Sport CVT TSS sebesar 25,7 persen. Kedua tipe ini menjadikan model GR Sport memiliki komposisi terbesar, yaitu 83,1 persen.

Memasuki 2021, penjualan ritel Toyota juga mencatatkan peningkatan yang signifikan. Secara total, pada lima bulan pertama tahun ini penjualan ritel Toyota mencapai lebih dari 101 ribu unit dengan market share 31,4 persen. Angka penjualan ini tumbuh 23,9 persen jika dibandingkan tahun 2020 pada periode yang sama. 

Sementara untuk pencapaian pada Mei sendiri, jika dibandingkan dengan dengan Mei tahun lalu, penjualan ritel Toyota meningkat 213,9 persen dan mencetak market share 32,9 persen. Penjualan tertinggi masih dimonopoli Avanza, Rush, dan Innova. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement