Ahad , 20 Jun 2021, 05:40 WIB

Bek Belanda Ini Nyaman dengan Posisi yang Diberikan De Boer

Red: Israr Itah
Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.
Foto EPA

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.

Denzel Dumfries bermain dalam formasi lima bek Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain bertahan Denzel Dumfries belum pernah bermain dengan formasi pertahanan lima bek. Namun dia tampak menikmati posisi yang diberikan kepadanya itu setelah dua penampilan luar biasa untuk timnas Belanda.

Dumfries menjadi salah satu bintang Belanda dalam Euro 2020 setelah mencetak gol kemenangan 3-2 melawan Ukraina pada laga pembuka Oranje. Ia kemudian membukukan gol lagi ketika Belanda mengalahkan Austria 2-0 sekaligus mengklaim tempat teratas di Grup C.

Baca Juga

"Saya senang saya bisa berkontribusi," katanya saat konferensi pers, Sabtu (19/6). 

Ia mengatakan, sistem yang diterapkan De Boer berbeda dengan pola yang biasa ia mainkan. Akan tetapi, sistem ini memberinya keuntungan. 

"Saya mendapatkan semua ruang yang saya butuhkan untuk ikut menyerang dan itu membuat saya merasa nyaman," kata dia.

Pelatih Belanda Frank de Boer menggunakan pola 5-3-2 dalam pertandingan grup pertama dan itu menyebabkan kegemparan di negara yang menerapkan pola permainan tradisionalnya selalu 4-3-3. Namun, izin yang diberikan kepada pemain berusia 25 tahun itu untuk turut menyerang dari sisi belakang kanan telah membantu membenarkan keputusan De Boer. Dumfries berpikir dia bisa berbuat lebih baik dengan Belanda melawan Makedonia Utara di Amstredam, Senin (21/6). 

"Berada pada posisi yang lebih baik ketika saya menguasai bola, misalnya, sehingga saya bisa mendapatkan lebih banyak waktu. Saya juga ingin membuat lebih banyak umpan. Masih banyak ruang untuk perbaikan," kata dia.

Sebelum turnamen dimulai, Dumfries memberikan sinyal akan mencari pengalaman baru setelah tujuh musim bermain di liga papan atas Belanda, tiga musim terakhir bersama PSV Eindhoven. Spekulasi berkembang di media bahwa ada kemungkinan dia pindah ke klub Inggris, Jerman atau Italia, tetapi berbagai pertanyaan tentang rencana masa depannya itu dia tampik dengan sopan.

"Saya sama sekali tidak peduli dengan hal itu untuk saat ini. Jika Anda tidak keberatan, saya sepenuhnya masih fokus pada turnamen ini," katanya kepada wartawan.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Denzel Dumfries euro 2020 piala eropa 2020 frank de boer timnas belanda georginio wijnaldum belandavsaustriaeuro2020 johan cruyff arena uefa jadwal euro 2020 jadwal siaran langsung euro 2020 belanda vs austria makedoniautaravsbelandaeuro2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya