Selasa 22 Jun 2021 13:03 WIB

Aktor Alec Baldwin Berjuang Lawan Penyakit Lyme

Alec Baldwin menderita lyme sejak 20 tahun yang lalu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Alec Baldwin menderita lyme sejak 20 tahun yang lalu.
Foto: Flickr
Alec Baldwin menderita lyme sejak 20 tahun yang lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alec Baldwin bermimpi menikmati musim panas di luar ruangan tanpa takut akan penyakit lyme. Tapi, setelah digigit kutu 20 tahun yang lalu dan mengalami gejala jangka panjang dari kondisi tersebut, dia tidak bisa menghilangkan kecemasannya.

"Saya berpikir dua kali saya memilikinya," ujarnya menjelaskan, seperti dilansir dari laman Prevention, Selasa (22/6).

Baca Juga

Setiap kali, dia mengatakan dia terbaring di tempat tidur dengan keringat dingin, nyeri sendi, dan kelelahan.

“Agustus pada suatu musim panas saya sedang berdiri di teras di rumah teman saya di malam hari, dan itu adalah malam yang sejuk dan saya benar-benar merasakan gelombang ini melewati punggung saya dan melewati bahu saya dan semacam membungkus saya seperti kedinginan, dan saya baru saja diserang. Itu datang seperti seseorang menjentikkan jari mereka dan memberi mantra pada saya,” kata aktor itu mengenang.

Dia menambahkan, terkadang mengalami nyeri sendi yang tidak dapat dijelaskan. Penyakit lyme, yang disebabkan oleh bakteri B burgdorferi menyebar melalui gigitan kutu hitam yang terinfeksi, sering ditandai dengan ruam kulit berbentuk mata banteng di tempat gigitan, tapi tidak selalu.

Gejala seperti flu, seperti kelelahan, demam, sakit kepala, dan nyeri tubuh, juga umum terjadi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tes darah biasanya diperlukan untuk memastikan diagnosis.

Dalam kebanyakan kasus, gejala hilang dalam tiga hingga empat minggu dengan bantuan antibiotik. Tapi, pada sekitar 10 hingga 20 persen dari yang lain, mereka mungkin berlama-lama dan muncul kembali, yang dikenal sebagai sindrom penyakit lyme pascaperawatan (PTLDS). Di PTLDS, pasien secara resmi didiagnosis menderita penyakit lyme, artinya mereka mengalami gigitan kutu atau ruam bullseye dan diobati dengan antibiotik, tapi berjuang dengan gejala yang bertahan lama.

Namun, Baldwin menderita lyme kronis, berbeda dari PTLDS karena dapat digunakan untuk menggambarkan kasus di mana infeksi B burgdorferi tidak pernah didiagnosis secara resmi, menurut Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID). Karena definisi ini sangat luas, banyak dokter tidak mendukung lyme kronis sebagai diagnosis.

“Sangat kontroversial apakah itu benar-benar ada,” kata Dr Wali di podcast.

“Ini adalah penyakit tick-borne yang paling umum di Amerika Serikat. Ada hampir 300 ribu orang yang mendapatkan ini setiap tahun dan kemudian banyak dari mereka tidak sembuh. Ini adalah fenomena nyata yang terjadi. CDC bahkan baru-baru ini memperbarui perkiraan itu, yang sekarang mendekati 476 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement