Rabu 23 Jun 2021 08:32 WIB

Akhlak Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Rasulullah orang pertama yang menjenguk jika sahaba-sahabattnya sakit.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Akhlak Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit
Foto:

Rasulullah SAW gemar menjenguk setiap orang sakit dan tidak terbatas hanya di kalangan kaum Muslimin. Orang-orang yang tidak beliau kenal pun dijenguk nya. Beliau pernah menjenguk seorang Yahudi yang sedang sakit, termasuk menjenguk pamannya yang seorang kafir yaitu Abu Thalib.

Ismail mengatakan Rasulullah SAW  mendorong kita semua saling menjenguk jika ada yang sedang sakit. Beliau berkata, "Tidak ada seorang Muslim yang menjenguk saudaranya yang Muslim terkecuali Allah akan mengutus 70 ribu malaikat kepadanya untuk mengucapkan doang atasnya pada waktu siang sampai datang waktu sore, kemudian pada waktu malam sampai datang waktu pagi." 

Beliau berkata barangsiapa yang datang menjenguk orang sakit atau menziarahi seseorang yang gugur di jalan Allah, maka seorang penyeru akan menyuruh menyambutnya untuk memberikannya kebaikan dan ia pun akan diberi kebaikan dan akan dibangunkan sebuah rumah (dengan izin Tuhan) kelak di akhirat. 

Bahkan lebih jauh, Nabi SAW mengajarkan menghibur orang yang sakit dengan senantiasa memberinya kabar gembira, seperti pujian dan doa panjang umur. Rasulullah berkata, "Jika kalian menjenguk orang yang sedang sakit, berilah mereka semangat hidup, mungkin hal itu tidak akan mengobati penyakitnya, namun setidaknya akan menghibur jiwa orang yang sedang sakit."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement