Rabu 23 Jun 2021 11:06 WIB

Guru Diharapkan Selalu Berinovasi

Guru berperan penting membangun karakter bangsa.

Red: Karta Raharja Ucu
Guru diharapkan selalu berinovasi. Ilustrasi guru
Guru diharapkan selalu berinovasi. Ilustrasi guru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru merupakan tokoh utama yang memiliki peran strategis dalam membangun, meningkatkan, serta membentuk karakter yang kuat terhadap anak didik. Guru juga sangat berperan dalam membangun karakter dan kemajuan suatu bangsa.

Karena itu, menurut Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR), Herawati Prasetyo, guru diharapkan selalu berinovasi. Apalagi guru sebagai salah satu subsistem dalam sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik menjadi anak Indonesia yang cerdas seutuhnya, baik cerdas spiritual, emosional, sosial, intelektual, maupun kinestetis.

“Selain itu, guru juga memiliki peran strategis sebagai penggerak perubahan di dunia pendidikan,” kata Herawati dalam sebuah diskusi virtual Ngopi (Ngobrolin Pembelajaran & Inspirasi) ke-3 tahun 2021 bertema 'Merancang Media Pembelajaran IPA dan Matematika Yang Menarik Bareng finalis Lomba inovasi Guru', Selasa (22/6).

Menurutnya, guru yang memiliki strategi jitu, kreatif, dan inovatif dalam menyajikan materi pada KBM (kegiatan belajar mengajar) akan menjadikan peserta didik mudah dan cepat menyerap materi pembelajaran yang disajikan. Untuk itu, dia berharap agar guru bisa terus melakukan inovasi-inovasi dalam kegiatan belajar-mengajar.

Ia berkata, guna mewujudkan peserta didik yang cerdas seutuhnya tentunya guru diharapkan dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran. "Hal inilah yang selalu kami dorong melalui 4 pilar pembinaan akademis, karakter, seni Budaya dan kecakapan Hidup di 107 Sekolah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata dia.

YPA-MDR, kata Herawati mengaku sangat bangga, karena bisa menampilkan guru-guru terbaik binaannya yang merupakan finalis Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) tahun 2021. Guru-guru tersebut akan membagikan pengalaman tentang bagaimana dari sebuah keterbatasan mampu menciptakan inovasi berupa media pembelajaran.

Pembuatan karya inovasi ini dihasilkan dari pola pembinaan yang selama ini aktif dilakukan oleh YPA-MDR terhadap Guru-guru binaan. Selain itu, lanjut dia, YPA MDR juga selalu mendorong dan memfasilitasi para Guru binaannya untuk bisa mengikuti berbagai ajang lomba, seperti Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) yang diselenggarakan PT Astra Internasional Tbk bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Lomba itu diselenggarakan pada 2021 dan diikuti 6.170 karya inovasi dari seluruh guru yang mengikuti lomba tersebut.

“Dua puluh karya inovasi dari guru binaan YPA-MDR berhasil masuk sebagai finalis. Bahkan 6 di antaranya berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan,” kata dia.

Kendati guru binaannya sudah menorehkan prestasi yang luar biasa, tetapi YPA-MDR enggan berpuas diri. Menurut Herawati, hal yang lebih penting lagi yakni harus sampai pada tingkat berbagi atas karya inovasi yang telah dibuat.

Dalam acara NGOPI Bareng Finalis Linkar ini, hadir ratusan guru binaan YPA-MDR dan Non binaan serta ratusan siswa. Hadir sebagai narasumber yakni Ifa Zulfatul Mahmudah (Guru SDN Pegadinangan 2 – Keramatwatu, Kabupaten Serang) dan Yuni Mukti Hariyanti (Guru SDN 2 Kertosari – Lampung selatan) yang didampingi Assoc. Prof Wahyu Hari Kristanto dari Studi e-system UKSW salatiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement