Rabu 23 Jun 2021 11:28 WIB

Cara Aman Pasang Aksesoris Mobil

Pengendara disarankan untuk membeli aksesoris yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mengendarai mobil. ilustrasi
Foto: Needpix
Mengendarai mobil. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian pengendara mobil menambahkan sejumlah aksesoris pada mobil kesayanganya. Beberapa aksesoris itu bersifat sebagai pemanis saja dan beberapa aksesoris juga mampu menawarkan fungsi dan kemudahan bagi pengendara.

Namun, jika asal-asalan, aksesoris itu bisa membahayakan atau setidaknya justru merepotkan pengedara saat terjadi persoalan di jalan. Auto2000 membagikan sejumlah cara agar pengendara dapat memasang aksesoris dengan aman.

Baca Juga

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, pemasangan akesoris harus memperhatikan aspek keamanan sehingga beragam potensi kecelakaan atau korsleting listrik dari aksesoris yang berkaitan dengan perangkat elektronik dalam mobil dapat dihindari.

“Selain itu, pemasangan aksesoris mobil tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dikerjakan oleh ahlinya untuk menghindari risiko masalah di kemudian hari," kata Nur Imansyah Tara dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Selasa (22/6).

Soal pemilihan aksesoris, ia menyarankan agar pengendara membeli aksesoris sesuai dengan kebutuhan. Jika akesoris itu merupakan aksesoris yang bersifat kosmetik atau pemanis, disarankan pengendara hanya melakukan pemasangan aksesoris secukupnya sehingga tampilan mobil tetap terlihat proporsional dan tidak berlebihan.

Selanjutnya, pengendara disarankan untuk membeli aksesoris sesuai dengan skala prioritas. Sebaiknya, utamakan untuk membeli aksesoris yang memiliki nilai fungsi seperti talang air untuk jendela, kaca film, tempat sampah, spion tambahan dan cargo net.

"Pengendara juga disarankan untuk membeli aksesoris yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Sehingga, aksesoris itu dapat dipasang tanpa harus membuat dudukan atau braket tambahan," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengendara sangat memperhatikan keselamatan. Contohnya, pemasangan spoiler harus dengan dudukan yang tepat sehingga tidak beresiko terlepas saat terkena guncangan.

Agar seluruh aksesoris dapat terpasang dan berfungsi dengan baik, ia juga menyarankan agar pengendara melakukan pembelian dan pemasangan di bengkel resmi.

Biasanya bengkel resmi menghadirkan aksesoris yang paling pas dan dilengkapi dengan garansi. Penggunaan aksesoris resmi dan pemasangan yang tepat dan sesuai prosedur juga membuat garansi mobil tidak hangus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement