Kamis 24 Jun 2021 05:05 WIB

Cara Mengingatkan Suami Agar Sholat Tepat Waktu

Sholat membantu seseorang mencapai ketangkasan spiritual.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mengingatkan Suami Agar Sholat Tepat Waktu
Foto: Ahmad Subaidi/Antara
Cara Mengingatkan Suami Agar Sholat Tepat Waktu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat merupakan ibadah yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap Muslim. Karena itu, bagi pasangan suami istri saling mengingatkan sholat menjadi kewajiban bersama.

Lantas, bagaimana apabila seorang istri mendapati suaminya lalai atau tidak menunaikan sholat? Bagaimana cara menasehati suami agar menjalankan sholat tepat waktu?

Baca Juga

Profesor Shahul Hameed, seorang konsultan Islam yang juga menjabat sebagai Presiden Misi Islam Kerala, Calicut, India mengatakan seorang istri dapat melakukan banyak hal untuk mendorong suami agar tepat waktu dalam menunaikan sholat. Prof Shahul juga merupakan penulis tiga buku tentang Islam yang diterbitkan dalam bahasa Melayu. Buku-bukunya membahas tentang perbandingan agama, status wanita, dan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai manusia.

Hameed mengatakan seorang istri hendaknya memperhatikan sholatnya sendiri terlebih dahulu. Menurutnya, istri harus menunjukkan betapa seriusnya ia memandang pelaksanaan sholat di waktu yang tepat. Dengan demikian, ia menunjukkan teladan melalui sholatnya sendiri.

Ketika suami berada di rumah, istri harus meminta suami menjadi imamnya saat sholat. Pada saat itulah, istri bisa melihat alasan apa yang diberikan suami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement