Rabu 23 Jun 2021 21:51 WIB

5 Cara Hindari Investasi Kripto Ilegal Menurut OJK   

OJK menyarankan cara aman berinvestasi dengan kripto

Rep: Novita Intan / Red: Nashih Nashrullah
OJK menyarankan cara aman berinvestasi dengan kripto. Uang kripto (ilustrasi)
Foto:

3. Waspada skema ponzi

Skema Ponzi merupakan salah satu modus penipuan paling marak yang terjadi bidang keuangan. Tak hanya dalam mata uang digital, tetapi juga mata uang fiat.

Modus operandinya menawarkan sejumlah keuntungan besar dalam rentang waktu singkat. Di dalam modus ini, setiap investor akan mendapatkan uang berupa keuntungan yang berasal dari setoran investor berikutnya, bukan profit dari bisnis yang dilakukan, sehingga ketika tidak ada investor lain yang masuk, keuntungan Anda pun akan menghilang.

Untuk menghindari risiko ini, apabila Anda didekati secara langsung, pastikan Anda menanyakan informasi mendasar dari bisnis tersebut secara mendetail. Biasanya skema ponzi akan menutup dengan baik seluruh informasi perusahaan dari jangkauan investor.

“Cari tahu juga ulasan-ulasan terkait perusahaan atau bisnis tersebut pada forum-forum internet. Jalin komunikasi dengan orang-orang yang pernah bergabung di dalamnya untuk mendapatkan informasi yang utuh sebelum memutuskan berinvestasi,” ucapnya.

4. Edukasi dan riset mendalam

Tak ada kata terlambat untuk belajar. Ketika berinvestasi aset kripto, modal utama yang perlu dimiliki investor dan trader adalah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tanpa wawasan dan ilmu yang memadai, modal Anda dapat saja habis dalam sekejap. Sebab, Anda berinvestasi tanpa strategi yang matang dan menempatkannya di tempat yang salah. 

Oleh karena itu, disarankan untuk banyak belajar dan mencari tahu investasi aset kripto dengan tepat. Anda bisa mempelajarinya melalui tayangan channel YouTube atau mengikuti kelas yang diadakan media kripto atau komunitas. Biasanya komunitas aset kripto seringkali membuat acara-acara khusus yang mengedukasi anggotanya dalam berinvestasi. 

Pada Zipmex, ada beberapa acara rutin yang diadakan secara berkala dan tanpa dipungut bayaran bagi para penggunanya dimulai dari talkshow hingga praktik trading bersama trader professional aset kripto. Informasi mengenai acara-acara tersebut bisa didapatkan pengguna melalui media sosial, email, dan juga laman resmi Zipmex Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement