Kamis 24 Jun 2021 05:45 WIB

5 Tugas Malaikat Jarang Diketahui, Ada yang Hanya Sujud

Malaikat mempunyai tugas yang bermacam-macam.

Rep: Umar MukhtarMo/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat mempunyai tugas yang bermacam-macam
Foto:

Keempat, bertugas menjaga manusia dari depan dan belakang. Ternyata, pada diri kita selalu ada malaikat penjaga. Allah SWT berfirman: 

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

"Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri." (QS ar Rad 11)

Ath Thabari dalam kitab tafsirnya menyampaikan bahwa Ibnu Abbas dalam sebuah riwayat berkata, "Para malaikat melindungi dari depan dan belakang. Lalu ketika ajal datang, mereka pun meninggalkannya."

Kelima, malaikat yang membawa atau penjaga Arsy. Allah SWT berfirman dalam Al Mu’min ayat 7:  

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا

“(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman.”

 

Sumber: alukah    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement