Kamis 24 Jun 2021 12:42 WIB

Jangan Lewatkan, Supermoon Terakhir Terlihat Malam Ini

Supermoon bulan ini juga disebut Strawberry Moon.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Bulan Supermoon. ilustrasi
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Bulan Supermoon. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena supermoon kembali terjadi malam ini. Pada Kamis (24/6) hari ini hingga Jumat (25/6) besok, puncak fase Bulan Purnama akan berlangsung Jumat (25/6) sekitar pukul 01.39 WIB (02.39 WITA / 03.39 WIT). 

Dikutip dari media sosial Lapan, Bulan Purnama pada Juni juga sering disebut Bulan Purnama Stroberi (Full Strawberry Moon). Hal ini karena di belahan utara Bumi, buah stroberi menjadi matang dan siap untuk dipanen. 

Baca Juga

Bulan Purnama dapat disaksikan sebelum terbenam Matahari pada Kamis (24/6) dari arah timur-tenggara. Kemudian, ini berkulminasi keesokan harinya sekitar tengah malam di arah selatan dan terbenam setelah terbit Matahari di arah barat daya.

Sementara itu, dilansir NBC Chicago, menurut para astronom Bulan Purnama atau Supermoon ini menjadi yang terakhir pada tahun ini. Para astronom mengatakan Supermoon adalah bulan Purnama yang hampir bertepatan dengan perigee, titik waktu ketika bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi dalam orbit elipsnya. Fenomena itu berarti bahwa bulan tampak lebih besar dan terang jika dilihat dari Bumi. 

Bulan kali ini sedikit lebih jauh dari Bumi dibanding sebelumnya, namun besar astronom masih menganggapnya sebagai Bulan Prunama. Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan ada perbedaan tentang Bulan ini, yaitu rendahnya di cakrawala. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement