Senin 28 Jun 2021 12:21 WIB

Burgers' Zoo, Lokasi Terumbu Karang Terbesar Eropa

Di seluruh dunia ada 14.000 jenis karang yang sebagian besar terancam punah. 

Red: Dwi Murdaningsih
Terumbu Karang (Ilustrasi)
Terumbu Karang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Riset tentang ekosistem bawah laut akan dilakukan di lokasi terumbu karang terbesar Eropa. Di sana juga dirawat terumbu karang langka yang disita dari pencuri.

Di Burgers' Zoo, Belanda ada sebuah atraksi baru yang sangat menarik. Yaitu sebuah terumbu karang. Instalasi lampu yang beratnya berton-ton di kebun binatang itu membuat terumbu karang bisa ditonton dengan baik.

Baca Juga

Terumbu karang ini bukan sekadar tontonan. Ini juga proyek penelitian.

Hal yang paling istimewa di bawah air adalah kenanekaragaman warna. Hijau menyala, oranye dan kuning. Semua hidup subur di terumbu karang buatan yang paling besar di Eropa. Sensasi ini diciptakan pakar biologi laut Max Janse dan timnya.

“Kami berusaha membangun terumbu sebaik mungkin bagi karang,“ kata Max Jense.

Dengan teknik dan pengetahuan dari penelitian ilmiah, timnya perusaha membuat lingkungan sebaik mungkin bagi terumbu karang. Misalnya dengan cara memberi makan terumbu karang. 

Penelitian masih kurang

Sejauh ini, peneliti baru tahu sekitar 30 persen, bagaimana organisme ini berfungsi. Ekosistem terumbu karang di kebun binatang ini menjadi harapan besar bagi penelitian.

Di Arnhem pakar biologi berusaha lebih mengerti terumbu karang. Mereka juga mencari tahu, apa yang bisa membantu organisme ini selamat di alam bebas untuk jangka panjang. 

Misalnya di Great Barrier Reef, Australia. Kondisi suhu lautan yang makin hangat, meningkatnya kadar keasaman air, polusi dan kerusakan akibat penangkapan ikan besar-besaran juga mengakibatkan pemutihan karang, yang berarti kematian terumbu karang.  

"Itu ibaratnya hutan tanpa hewan. Jika hutan tidak ada, hewan liar juga tidak ada. Sama halnya dengan terumbu karang. Jika koral tidak ada, hewan-hewan lain juga tidak ada," ucap Max Janse.

Terumbu karang adalah tempat pemijahan hewan di lautan. Di Burgers' Zoo di Arnhem, ini jadi bagian terpenting dunia bawah airnya. Terumbu karang tumbuh di sini lebih cepat dan sehat dibanding di alam bebas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement