Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eliza Yunia

Pemanfaatan Sumber Daya Laut Saat Surut

Olahraga | Monday, 28 Jun 2021, 12:31 WIB

Kawasan wisata pantai Cidatu Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, selain selalu ramai pengunjung yang menikmati keindahan pantai dan lautnya, pantai ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya saat tinggi permukaan air laut berada di bawah nilai rata-rata atau yang tak asing disebut dengan surut.

Keberadaan populasi manusia di dekat laut sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis pemanfaatan sumber daya yang terdapat di laut itu sendiri baik di pesisir, di permukaan air, di kolong maupun di bawah laut. Manfaat yang diperoleh manusia dari laut di antaranya manfaat dari segi pangan. Laut memberikan ikan dalam berbagai jenis dan ukuran yang dapat ditangkap oleh manusia sesuai dengan alat yang dipergunakannya. Selain ikan, laut juga menyediakan udang, kepiting, kerang-kerangan, dan berbagai spesies yang bisa dikonsumsi. Laut juga menyediakan bahan pangan dari tumbuhan laut sebagaimana yang ditunjukkan oleh foto di atas saat laut mengalami surut sehingga rumput laut, alga dan berbagai jenis tumbuhan lainnya terlihat. Bahan pangan tersebut ada yang bisa langsung dikonsumsi oleh manusia, ada pula yang dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan.

Salah satu warga sekitar menuturkan bahwa hasil yang ia dapatkan berupa agar laut akan diolah sendiri yang kemudian hanya untuk menjadi konsumsi pribadi dalam bentuk makanan jadi karena tidak bernilai jual tinggi, namun sebagian masyarakat lainnya mengolah agar laut tersebut untuk tetap dipasarkan. Itulah berbagai komunitas kehidupan di laut, atau yang dikenal dengan ekosistem yang dapat memberikan manfaat beragam bagi manusia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image