Kamis 01 Jul 2021 16:33 WIB

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat. Foto: Alquran
Foto: republika
Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat. Foto: Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Banyak keistimewaan ibadah yang tertuang di hari Jumat. Hari Jumat sebagai hari agung umat Islam perlu diresapi maknanya dan juga ibadahnya, salah satunya adalah dengan membaca Surah Al-Kahfi.

Syekh Aidh Al-Qarni dalam buku Sentuhan Spiritual menjelaskan bahwa fadhilah ibadah di hari Jumat begitu banyak. Salah satunya sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa melakukan wudhu dengan baik, lalu segera mendatangi shalat Jumat untuk mendengarkan khutbah dan diam, maka diampuni dosa-dosanya antara dirinya dengan hari Jumat. Lalu ditambahkan untuknya tiga hari lagi,”.

Baca Juga

Anjuran lain selain dalam hadis tersebut adalah membaca Surah Al-Kahfi. Terdapat sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruquthni dan Imam Baihaqi, “Man qara-a suratal-kahfi fil-yaumil-jumati adhaa-a lahu minannuri maa bainal-jum’ataini,”.

Yang artinya: “Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat,”.

Dalam lafadz yang tertulis, “Barang siaa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya dia akan tersinari cahaya antara dirinya dengan Ka’bah,”. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Baihaqi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement