Kamis 01 Jul 2021 23:34 WIB

Dinkes Depok Keluarkan Panduan Pasien Covid Isoman di Rumah

Dinkes Depok keluarkan panduan bagi pasien Covid menjalani isoman di rumah.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan
Pasien Covid-19 (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Pasien Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengeluarkan panduan isolasi mandiri di rumah bagi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19. Panduan yang diberikan tersebut tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, terdapat beberapa panduan yang harus dijalankan masyarakat saat isman di rumah. Dengan harapan dapat mencegah penularan kepada anggota keluarga lainnya.

Baca Juga

"Prokes tetap harus dijalankan meskipun isman di rumah agar keluarga juga dapat terlindungi dari Covid-19," ujar Novarita di Balai Kota Depok, Kamis (1/7).

Menurut Novarita, adapun panduan yang diberikan yaitu menjaga jarak satu meter dengan anggota keluarga serta selalu menggunakan masker dan membuang masker bekas di tempat yang telah ditentukan. Selanjutnya, jika sakit dengan gejala demam, flu, dan batuk tetap berada di rumah.

"Kemudian, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, tidak merokok, serta melakukan etika batuk dan bersin. Lalu, jika demam atau pusing minum paracetamol sesuai anjuran dokter," jelasnya.

Lalu, lanjut Novarita, saat isman, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, dan mengandung vitamin A, C, E, B6, Zink, Folat, Salenium dan FE. Hindari pemakaian peralatan makan dan mandi bersama, dan menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Dalam hal ini, jika mengalami sakit berlanjut seperti sesak nafas dan demam tinggi untuk menghubungi fasilitas pelayanan kesehatan," katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement