Jumat 02 Jul 2021 06:40 WIB

Jika Diminta Shin, PSSI akan Ajukan Naturalisasi Pemain

PSSI akan serius urus administrasi kepindahan status pemain setelah dinaturalisasi.

Red: Endro Yuwanto
Sekjen PSSI, Yunus Nusi.
Foto: dok pribadi
Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan naturalisasi pesepak bola luar negeri ke pemerintah. Ini jika hal itu diminta langsung oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Kami akan membuka diri selama rekomendasi untuk menaturalisasi pemain datang dari Shin Tae-yong," ujar Yunus dalam saluran Youtube PSSI TV, dikutip di Jakarta, Kamis (1/7).

Pria asal Gorontalo tersebut menegaskan bahwa PSSI siap mengurus semua administrasi pemain yang diajukan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. PSSI, Yunus melanjutkan, tidak akan melakukan intervensi kepada Shin terkait siapa yang dialihstatuskan menjadi WNI. "Kami menunggu rekomendasi dan tidak akan mengintervensi," jelas dia.

Yunus juga membeberkan janji bahwa PSSI akan serius dalam mengurus administrasi kepindahan status pemain setelah dinaturalisasi. PSSI tidak ingin kejadian seperti yang dialami Ezra Walian terulang.

Ezra, yang dinaturalisasi dari Belanda, sempat dilarang memperkuat timnas Indonesia pada laga atau ajang AFC/FIFA mulai tahun 2019 karena terganjal perpindahan status keanggotaan dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Permasalahan itu pada akhirnya selesai Juni 2021 setelah PSSI melengkapi dokumen dan FIFA menyatakan Ezra memenuhi syarat untuk memperkuat skuad Garuda pada ajang FIFA.

"Kami mengevaluasi kasus Ezra yang beberapa tahun baru selesai. Itu menjadi pelajaran bahwa kalau mengurus naturalisasi harus serius dan menyiapkan semuanya," ujar Yunus, yang baru ditetapkan sebagai sekjen PSSI pada 2021.

Timnas Indonesia belum beraktivitas kembali sejak menuntaskan pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Uni Emirat Arab pada Juni 2021. Pemusatan latihan (TC) untuk sementara belum dapat dilaksanakan karena kasus positif Covid-19 terus meninggi di Indonesia.

Shin Tae-yong dan jajarannya yang berkewarganegaraan Korea Selatan juga kembali ke kampung halamannya. Terdekat, timnas Indonesia akan mengikuti babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 September dan 12 Oktober 2021 melawan Taiwan. Setelah itu, skuad Garuda akan tampil di SEA Games dan Piala AFF 2021.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement