Ahad 04 Jul 2021 21:02 WIB

Patrick Vieira Janjikan Era Baru di Crystal Palace

Vieira telah ditunjuk sebagai pelatih baru Crystal Palace menggantikan Roy Hodgson.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Patrick Vieira
Foto: dailymail.co.uk
Patrick Vieira

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Crystal Palace akhirnya secara resmi menunjuk Patrick Vieira sebagai pengganti Roy Hodgson di kursi pelatih tim utama The Eagles. Mantan kapten Arsenal itu dikontrak selama tiga tahun dan diharapkan menukangi The Eagles hingga 2024 mendatang.

Sejak mengawali kiprah sebagai pelatih pada 2015, Vieira telah menukangi dua tim, mulai dari New York City FC hingga terakhir Nice. The Eagles pun menjadi klub kontestan Liga Primer Inggris pertama yang ditangani oleh Vieira di sepanjang kariernya sebagai pelatih hingga saat ini.

Baca Juga

Resmi menukangi The Eagles, pelatih asal Prancis itu pun berjanji bakal membawa klub asal London itu memasuki era baru. Tantangan besar memang sudah menunggu Vieira di The Eagles. Dalam lima tahun terakhir, Palace selalu finish di bawah posisi 10 besar Liga Primer Inggris.

The Eagles kerap berjuang keras di peghujung musim untuk setidak bertahan di Liga Primer Inggris. Selain itu, Vieira juga dihadapkan dengan tantangan untuk meremajakan kembali skuad The Eagles. Pun dengan berakhirnya kontrak sejumlah pemain andalan The Eagles, termasuk Patrick Van Aanholt.

''Saya begitu antusias dengan kesempatan kembali ke Liga Primer Inggris dan menukangi klub ini. Kami akan memulai era baru bersama-sama. Klub ini sudah memiliki fondasi yang kuat setelah bertahun-tahun di Liga Primer Inggris,'' tutur Vieira seperti dilansir laman resmi klub, Ahad (4/7).

Sebelum dipercaya menukangi The Eagles, Vieira diketahui menukangi Nice. Pada musim debutnya menangani Nice, tepatnya musim 2018/2019, Vieira berhasil membawa klub tersebut finish di peringkat ketujuh.

Sementara pada musim 2019/2020, Vieira berhasil membawa Nice finis di posisi kelima dan tampil di Liga Europa. Namun, kiprah Vieira di Nice berakhir pada pertengahan musim lalu, tepatnya Desember 2020 silam.

Manajemen klub memutuskan memecat Vieira usai lima kekalahan beruntun yang dialami Nice di semua ajang, termasuk tersingkir di fase grup Liga Europa. Dari total 89 laga menangani Nice di semua ajang, Vieira mengemas 35 kemenangan, 21 hasil imbang, dan 33 kekalahan.

Ketua Dewan Direksi Crystal Palace, Steven Parish, cukup yakin dengan kemampuan Vieira. Menurutnya, pengalaman pelatih berusia 45 tahun itu dalam menukangi New York City FC dan Nice dapat meningkatkan performa The Eagles pada musim depan. Parish pun siap mendukung Vieira dalam hal perekrutan pemain anyar di bursa transfer pemain.

''Kami masih harus melakukan berbagai persiapan pada beberapa pekan mendatang. Saya sudah tidak sabar untuk bekerjama dengan Patrick dalam membawa wajah-wajah baru di tim ini pada musim depan,'' tutur Parish.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement