Selasa 06 Jul 2021 06:40 WIB

Tiga Film Korea Tayang di Festival Film Cannes Tahun Ini

Film In Front of Your Face dipilih di bagian ketegori baru, Cannes Premiere.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Film In Front of Your Face dari Korea tayang di Festival Film Cannes.
Foto: The Korea Herald
Film In Front of Your Face dari Korea tayang di Festival Film Cannes.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Tiga film Korea diputar di Festival Film Cannes ke-74 di Prancis, yang dimulai Selasa (6/7). Ketiganya yakni In Front of Your Face (Hong Sang-soo), Emergency Declaration (Han Jae-rim), dan Cicada (Yoon Dae-won).

Dilansir di The Korea Herald pada Senin (5/7), In Front of Your Face dipilih di bagian Cannes Premiere, kategori baru yang didedikasikan untuk karya-karya dari pembuat film mapan. In Front of Your Face adalah film ke-11 Hong Sang-soo yang diundang ke Festival Film Cannes.

Emergency Declaration masuk dalam kategori Out of Competition bersama lima film lainnya, seperti The Velvet Underground disutradarai Todd Haynes dan Stillwater karya Tom McCarthy. Banyak aktor terkenal, termasuk Song Kang-ho, Lee Byung-hun, Jeon Do-yeon, dan Im Si-wan tampil di film baru sutradara Han.

Karena bintang Parasite, Song Kang-ho, juga ditunjuk sebagai anggota juri, aktor tersebut berangkat ke Prancis pada Sabtu lalu. Song Kang-ho adalah orang Korea kelima yang duduk di kursi juri Cannes, setelah sutradara Shin Sang-ok (1994), sutradara Lee Chang-dong (2009), aktor Jeon Do-yeon (2014), dan sutradara Park Chan-wook (2017).

Aktor Lee Byung-hun akan memberikan penghargaan selama upacara penutupan festival di Prancis. Film pendek Korea Cicada, diundang ke bagian Cinefondation, yaitu sebuah kategori untuk karya-karya pembuat film mahasiswa. Film sutradara Yoon Dae-won itu menggambarkan kisah transgender Chang-hyun dan teman lamanya.

Sebanyak 24 film, termasuk film pembuka Annette yang disutradarai Leos Carax akan bersaing memperebutkan Palme d'Or tahun ini. Pada tahun lalu, festival film dibatalkan karena pandemi Covid-19. Alih-alih mengadakan acara tersebut, penyelenggara festival mengumumkan daftar 56 film, termasuk dua film Korea, yaitu Peninsula (Yeon Sang-ho) dan Heaven: To The Land of Happiness (Im Sang-soo). Tidak ada pemenang yang diumumkan pada 2020.

Festival tahun ini, yang semula dijadwalkan berlangsung pada Mei, diundur menjadi Juli karena pandemi Covid-19. Sementara itu, penyelenggara menyelenggarakan pasar film dari 6 Juli hingga 17 Juli di lima kota berbeda di luar Eropa, yakni Seoul, Beijing, Melbourne, Mexico City, dan Tokyo. Diselenggarakan sejak 1959, pasar film diadakan setiap tahun bersamaan dengan Festival Film Cannes.

Mitra bisnis festival film memungkinkan para profesional industri film, termasuk penyelenggara festival dan agen penjualan yang mendaftar terlebih dahulu untuk menonton film yang diundang. Itu juga merupakan kesempatan bagi para profesional untuk terhubung dengan pembuat film.

Film Parasite yang memenangkan Palme d'Or pada 2019, dijual ke 192 negara di pasar film tahun itu. Sekitar 30 film yang terpilih untuk Festival Film Cannes akan diputar di lima kota itu. Seoul akan memutar 19 film. Pasar film juga diadakan secara daring selama periode yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement