Selasa 06 Jul 2021 11:57 WIB

Dosen UBSI Pontianak Beri Pelatihan Kelola Keuangan UMKM

Pengabdian masyarakat dosen UBSI digelar untuk UMKM Kampung Caping Pontianak

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Foto: UBSI
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan kegiatan kali ini bertempat di Kampung Caping Pontianak Jalan Imam Bonjol, Gg. Mendawai Laut, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat, Sabtu (3/7) silam. Kegiatan pengabdian ini bertemakan ‘Pemanfaatan Aplikasi MoA Barcode and Point Of Sales (POS) Dalam Pengolahan Data Keuangan Usaha Kecil Menengah Pada Kampung Caping Pontianak’. 

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Anna menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi MoA Barcode and POS pada para pengurus Kampung Caping Pontianak. 

 “Selain itu juga, untuk memberikan wawasan mengenai pembuatan laporan keuangan bagi mereka yang mengurus UMKM produksi dari masyarakat setempat,” tutur Anna dalam rilis yang diterima, Selasa (6/7). 

Anna melanjutkan, seluruh peserta menerima materi mengenai transaksi keuangan, pembuatan barcode dan dilanjutkan dengan materi penggunaan aplikasi MoA Barcode and POS beserta penginstalannya. Pelatihan ditutup dengan latihan studi kasus untuk mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi.

“Kami ingin memudahkan para pengurus dalam mengolah transaksi penjualan hanya dengan menggunakan smartphone yang dapat mengoperasikan aplikasi android. Mulai dari pembuatan barcode hingga penerapan aplikasi,” imbuhnya. 

Beni Tanheri, selaku Koordinator Penggerak Relawan Muda Kampung Caping menilai kegiatan ini sangat bagus. Sangat sesuai dengan kebutuhan mereka dalam meningkatkan kualitas manajemen produk di Rumah Ide Kampung Caping.

“Kami perlu pendampingan lanjutan, maka dari itu kami sangat berharap pelatihan berikutnya dapat dilaksanakan kembali secara berkesinambungan minimal 6 bulan agar benar-benar bisa diimplementasikan secara maksimal,” ujar Beni. Beni menyampaikan rasa terima kasih kepada civitas akademika Universitas BSI kampus Pontianak atas pelatihan yang diselenggarakan.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat positif kepada para pengurus kami berupa wawasan dan keterampilan di bidang IT. Semoga kedepan dapat terjalin kerjasama yang baik antara Universitas BSI kampus Pontianak dengan Kampung Caping Pontianak,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement