Rabu 07 Jul 2021 10:00 WIB

Urutan Pelaksanaan Sholat Jamak Taqdim dan Ta'khir

Menjamak sholat adalah salah satu bentuk keringanan (rukhsah).

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Urutan Pelaksanaan Sholat Jamak Taqdim dan Ta'khir
Foto: Muhammad Hafil / Republika
Urutan Pelaksanaan Sholat Jamak Taqdim dan Ta'khir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kondisi tertentu, Allah SWT memberikan keringanan kepada umat Islam dalam melaksanakan ibadah sholat lima waktu. Misalnya, ketika bepergian diperbolehkan melaksanakan sholat  dengan cara jamak, yaitu mengumpulkan dua sholat dalam satu waktu. 

Namun, dalam pelaksanaan sholat jamak ini ada perbedaan pendapat dalam kajian fikih, khususnya terkait urutan pelaksanaan sholatnya. Seperti apa penjelasannya? 

Baca Juga

Pakar fikih sekaligus Ketua Bahtsul Masail PWNU DKI Jakarta KH Mukti Ali Qisyairi menjelaskan, menjamak sholat adalah salah satu bentuk keringanan (rukhsah) yang diberikan kepada umat Islam karenakan adanya beberapa sebab yang dijelaskan secara rinci dalam kitab fikih.  

Jenis jamak sendiri terbagi menjadi dua, yaitu jamak taqdim dan jamak ta'khir. Jamak taqdim adalah melaksanakan dua sholat yang dijamak pada waktu sholat yang pertama, misalnya menjamak sholat Zhuhur dan Ashar pada waktu Zhuhur.

Sementara, jamak ta’khir adalah melaksanakan dua sholat yang dijamak pada waktu sholat kedua. Misalnya, melaksanakan sholat Zhuhur dan Ashar pada waktu Ashar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement