Kamis 08 Jul 2021 20:23 WIB

BRIN Ingin Tingkatkan Kolaborasi dengan Internasional

BRIN Ingin Tingkatkan Kolaborasi dengan Internasional.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Hafil
BRIN Ingin Tingkatkan Kolaborasi dengan Internasional. Foto:  Penelitian (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
BRIN Ingin Tingkatkan Kolaborasi dengan Internasional. Foto: Penelitian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ingin meningkatkan kolaborasi dengan mitra internasional, seperti Australia. Terlebih untuk peningkatan kapasitas peneliti atau sumber daya manusia melalui skema program mobilitas antara kedua negara.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, dirinya ingin menjadikan BRIN sebagai pihak yang mengaktifkan kegiatan riset. Kegiatan riset yang diharapkan muncul bukan hanya di tingkat lokal tapi juga internasional.

Baca Juga

"Membuka banyak global open platform pada fasilitas riset yang kita miliki, diantaranya Cibinong Science Center yang akan menjadi global platform untuk bidang biodiversity, Pusat Observasi Keantariksaan di Kupang, dan pengembangan kapal-kapal riset," kata Handoko, dalam keterangannya, Kamis (8/7).

Terkait dengan prospek kerja sama dengan Australia, Handoko mengatakan negara tersebut merupakan mitra penting bagi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kolaborasi antara peneliti, universitas, dan juga lembaga penelitian yang terlibat antara Indonesia maupun Australia selama ini.

Lebih lanjut, Handoko mengatakan saat ini BRIN berfokus pada integrasi lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah seperti LIPI, BPPT, Batan, Lapan, dan yang ada di kementerian/lembaga. Setidaknya terdapat sekitar 48 unit riset yang akan bergabung dalam BRIN.

"Selain itu, setidaknya dalam jangka pendek-menengah, kami akan berfokus dalam bidang digital green blue economy khususnya sumber daya alam dan keanekaragaman yang kami miliki termasuk keanekaragaman hayati, geografi, serta seni dan budaya," kata dia lagi.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement