Sabtu 10 Jul 2021 02:38 WIB

Festival Cannes Ingatkan Tamu tak Copot Masker Selama Acara

Menggunakan masker dan jaga jarak jadi aturan utama Festival Cannes.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Festival Film Cannes
Foto: Reuters
Festival Film Cannes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kurator sekaligus direktur artistik festival film Cannes, Thierry Fremaux, memperingatkan pengunjung agar tidak mencopot masker selama berlangsungnya acara. Peringatan itu keluar setelah banyak bintang film yang tidak menjaga jarak fisik di karpet merah dan melepas masker.

Di media sosial Twitter, beredar banyak foto yang memperlihatkan para pengunjung festival Cannes yang melepas masker di teater. Banyak juga yang foto yang menunjukkan bintang-bintang termasuk Jessica Chastain dan Carla Bruni yang saling sapa dengan memberikan kecupan hangat di pipi ketika mereka bertemu di karpet merah untuk malam pembukaan pada hari Selasa.

Baca Juga

“Masker dan menjaga jarak adalah aturan, hukum, dan jaminan bahwa festival bisa digelar sampai selesai dengan aman,” kata Fremaux kepada wartawan, seperti dilansir dari Strait Times, Jumat (9/7).

Festival ini berlangsung digelar selama dua pekan mulai tanggal 6 hingga 17 Juli. Para pengunjung festival juga diharuskan melampirkan bukti vaksinasi atau hasil swab setiap 48 jam untuk memasuki aula utama.

Meski tahun ini festival tidak dibatalkan seperti tahun lalu, namun acara dipastikan tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Jumlah kasus Covid-19 Prancis sempat menurun secara signifikan, tetapi saat ini pemerintah sedang membahas pengetatan kembali setelah adanya kekhawatiran akan varian Delta yang lebih cepat menular.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاُولٰۤىِٕكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement