Senin , 12 Jul 2021, 06:26 WIB

Chiellini: Juara Euro Rasanya Menakjubkan

Rep: Muhammad Ikhwanuddin / Red: Endro Yuwanto
Kapten timnas Italia Giorgio Chiellini.
Foto Laurence Griffiths, Pool via AP

Kapten timnas Italia Giorgio Chiellini.

Italia menunjukkan kualitas dengan rekor 33 laga tak terkalahkan di semua kompetisi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kapten timnas Italia, Giorgio Chiellini, tak bisa menyembunyikan kebahagiaan setelah berhasil membawa negaranya juara Euro 2020. Ia berkontribusi menumbangkan Inggris di partai final lewat adu penalti dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB.

Italia langsung dikejutkan dengan gol cepat Luke Shaw saat pertandingan baru berjalan dua menit. Gli Azzurri sempat kesulitan menandingi gempuran armada Tiga Singa di babak pertama.

Baca Juga

Namun, Gli Azzuri berhasil bangkit lewat gol Leonardo Bonucci di menit ke-67 setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Inggris. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal pertandingan plus babak tambahan.

Pertandingan pun terpaksa bergulir hingga adu penalti. Italia sukses menumbangkan Inggris dengan kedudukan 3-2 di babak tos-tosan. Ini merupakan gelar Euro pertama bagi Italia sejak terakhir kali menjuarainya pada 1968 silam.

"Kami menang dan berhak mendapatkannya. Kami merasa ada sesuatu yang magis. Kami sudah pernah mengatakan berhak juara, kami benar-benar berhak," kata Chiellini seperti dilansir Football Italia, Senin (12/7).

Kesuksesan Italia kali ini sekaligus menjadi pelipur lara setelah gagal lolos Piala Dunia 2018 lalu. Sejak saat itu, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan berhasil menunjukkan kualitas Italia dengan rekor 33 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi.

"Ini adalah tahun yang menakjubkan. Terima kasih untuk semuanya yang sudah mendukung selama tiga tahun terakhir, juga untuk mereka yang menyaksikan laga dari rumah," jelas Chiellini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas italia italia juara uero 2020 kapten italia giorgio chiellini italiavsinggriseuro2020 euro 2020 hasil italia vs inggris
Berita Terpopuler
Berita Lainnya