Selasa 13 Jul 2021 22:21 WIB

Langkah dan Metode Menghafal Alquran Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat membeberkan cara dan metode menghafal Alquran

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ustadz Adi Hidayat membeberkan cara dan metode menghafal Alquran. Ilustrasi menghafal Alquran
Foto: PPPA Daarul quran
Ustadz Adi Hidayat membeberkan cara dan metode menghafal Alquran. Ilustrasi menghafal Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, — Allah SWT menegaskan kepada hamba-Nya kemudahan menghafal Alquran. Beragam langkah atau metode pun banyak dicetuskan untuk mempermudah menghafal Kitab Suci Umat Islam itu. 

Tokoh ulama muda, Ustadz Adi Hidayat, memberikan beberapa metode agar dapat menghafal Alquran dengan mudah dengan jangka waktu yang relatif singkat. Untuk menjadi penghafal Alquran seseorang terlebih dulu harus meluruskan niat. 

Baca Juga

Yakni menghafalkan Alquran semata-mata karena Allah SWT. Allah akan membe rikan kemudahan disetiap kesulitan yang dihadapi saat menghafal Alquran. 

Selain itu, ada baiknya bagi seseorang yang hendak menghafal Alquran untuk menghadirkan dan menanamkan hal yang memotivasi. Sebagai contoh, hafalan itu bisa bermanfaat bagi umat dan membanggakan orang tua. 

Selama dalam masa menghafal, para penghafal Alquran harus dengan sekuat tenaga berupaya meingkatkan ketakwaannya dengan memperbanyak amal ibadah seperti sedekah dan menjalankan sunnah. Berikutnya, memanjatkan doa baik sebelum dan sesudah menghafal. 

Doa yang dipanjatkan yakni agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam menghafal dan menjaga ingatan dari setiap ayat yang dihafalkan. 

Selanjutnya yakni mencari guru. Hal ini penting agar seorang penghafal dapat dengan benar melafalkan setiap bacaan yang telah dihafalkannya. Langkah terakhir yakni meluang kan waktu dan memahami metode hafalan. Seorang penghafal Alquran dinilai harus menentukan target waktu untuk bisa menghafalkan Alquran.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement