Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

4 Masalah yang kerap terjadi di kantor dan cara menghadapinya

Olahraga | Wednesday, 14 Jul 2021, 08:38 WIB
www.ekrut.com

Setiap kantor tentu memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Begitu juga dengan masalahnya. Masalah yang ada pada setiap lingkungan kerja tentunya berbeda-beda dan beragam.

Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara bersikap profesional dalam menghadapi masalah yang terjadi. Dengan begitu, pastinya produktivitas kerjamu tak akan terganggu.

Berikut beberapa masalah yang sering terjadi di dunia kerja serta cara mengatasinya:

1. Bullying atau diskriminasi

Jika kamu mengalami bullying di lingkungan kerja, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat catatan pribadi. Catatlah semua kejadian yang kamu alami secara rinci, tuliskan kapan hal tersebut terjadi dan seberapa sering.

Seorang bully mungkin bisa saja tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukan perundungan. Maka dari itu, cobalah sampaikan apa yang kamu rasakan agar mereka mengetahui dan bisa memahami sudut pandangmu.

2. Beban kerja meningkat drastis

Apabila beban kerjamu meningkat drastis diluar batas kemampuanmu, cobalah langsung disuksikan dengan atasan di waktu yang tepat.

Sampaikan dengan detail bahwa kamu mengalami kesulitan menyelesaikan beban kerja yang meningkat. Lalu, jangan lupa juga untuk sampaikan alasan dan solusi terhadap masalah yang kamu alami. Mungkin bisa dengan membagi tugasmu dengan rekan kerja yang workloadnya lebih kecil dan sebagainya.

3. Pekerjaan tidak sesuai dengan posisi yang kamu lamar

Sama dengan masalah sebelumnya, kamu harus segera bicarakan masalah ini kepada atasan dengan cara yang tenang, kolaboratif, dan professional. Jangan sampai kamu malah menunjukan bahwa kamu sedang komplain pada atasanmu.

Mungkin dengan menyampaikannya, atasanmu dapat memberikan tugas yang lebih sesuai dengan posisimu sekarang.

4. Konflik dengan sesama rekan kerja

Konflik merupakan hal yang pasti akan kamu temui di dunia kerja. Adanya konflik dapat berpengaruh terhadap pekerjaan dan produktivitasmu di kantor. Maka dari itu, untuk menghadapinya kamu harus tetap bersikap professional dan mengesampingkan ego pribadimu.

Ketahui 3 masalah di dunia profesional lainnya serta cara menghadapinya melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image