Rabu 14 Jul 2021 20:16 WIB

Balita Anda Sering Haus? Waspadai Kemungkinan Diabetes

Maddox, bayi berusia 16 bulan, memiliki kadar glukosa darah 684.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Balita minum/ilustrasi
Foto: kidspot.com.au
Balita minum/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SACRAMENTO -- Sekitar dua pekan yang lalu, putra Courtney Moore yang berusia 16 bulan, Maddox, mulai mengambil botol airnya dan meneguk banyak air. Dia tidak terkejut, sebab suhu di Sacramento, California, melebihi 37 derajat Celsius.

Ketika popok Maddox bocor terus-menerus, Moore curiga dan menghubungi dokter anak mereka. Dari dokter, mereka baru mengetahui bahwa Maddox memiliki diagnosis tidak terduga. Dia menderita diabetes tipe 1 dan mengalami ketoasidosis diabetikum.

“Dokter berkata di telepon, glukosa darahnya terbaca 684," ujar Moore (31 tahun), yang bekerja di hubungan masyarakat, seperti dilansir di laman Today, Rabu (14/7).

Mereka membawa Maddox ke rumah sakit, tempat dia menerima perawatan. Moore ingin membagikan kisah mereka untuk mendorong orang tua mencari bantuan jika ada yang tidak beres dengan anak-anak mereka.

"Percayalah pada nalurimu. Jika Anda merasa ada yang tidak beres, bicarakan dengan dokter anak. Bicaralah dengan dokter mereka dan hilangkan saja. Jika itu bukan apa-apa, saya akan diberi ketenangan pikiran," ujarnya.

Maddox tampak tertarik pada botol air milik Moore. Dia minum lebih banyak dari biasanya. Moore awalnya menghubungkannya dengan gelombang panas. Ketika anaknya terus membasahi popoknya, dia bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang berubah.

"Saya mengunggah permintaan saran dan sekelompok ibu merekomendasikan agar kami menggandakan popok," kata Moore. 

“Kami benar-benar mencoba segalanya, setiap merek yang dapat kami pikirkan, dan tidak ada yang berhasil. Dia akan bangun basah kuyup di popoknya. Itu ada di seluruh tempat tidurnya. Itu sangat mengerikan," ujarnya.

Pada 4 Juli 2021, Courtney dan Jason Moore tidak tahu rasa haus Maddox yang berlebihan berarti apa pun, selain kondisi di Sacramento yang panas. Dua hari kemudian, dia berada di rumah sakit dengan ketoasidosis diabetik dari diabetes tipe 1.

Moore juga memperhatikan begitu Maddox bangun, dia mengambil air. Moore mencari secara daring solusi untuk perendaman popok Maddox dan satu hasil terus muncul dengan pencariannya. Diabetes tipe 1, gangguan autoimun di mana pankreas tidak dapat membuat insulin.

“Saya mengirim pesan ke dokter anak dan berkata, inilah yang terjadi dengan Maddox, saya sedikit khawatir.'”

Setelah satu malam lagi membasahi popoknya, dia memutuskan untuk menelepon dan berbicara dengan dokter anak, yang merekomendasikan pemeriksaan darah.

“Dalam waktu satu jam setelah pemeriksaan darah, kami mendapat beberapa panggilan darurat dari rumah sakit yang mengatakan Anda harus membawa Maddox ke UGD,'” kata dia.

Maddox mengalami ketoasidosis diabetik, komplikasi yang berpotensi fatal dari diabetes yang tidak diobati atau diatur dengan buruk.

“Kadar glukosa darah Anda dapat terus meningkat dan orang-orang mungkin mengalami kebingungan. Mereka mungkin pingsan. Orang-orang di sekitar mereka akan melihat mereka sangat sakit. Mereka akan mengalami sakit perut, mual, muntah,” jelas dr Gregory Deines, kepala bagian diabetes dan endokrinologi di Spectrum Health di Grand Rapids, Michigan.

Dia menyebut, skenario kasus yang lebih buruk adalah orang benar-benar dapat mengalami koma dan menjadi tidak responsif. "Jika itu terjadi, itu sangat berbahaya dan orang bisa mati," kata dia.

Dokter memberikan cairan Maddox untuk rehidrasi. Sementara orang dengan diabetes yang tidak diobati minum lebih banyak air, mereka juga buang air kecil lebih banyak.

Dokter dan perawat di Rumah Sakit Kaiser Roseville mengajari Courtney dan Jason Moore cara menguji kadar glukosa darah putra Maddox dan memberinya insulin setelah dia baru-baru ini didiagnosis menderita diabetes tipe 1. Kemudian dokter memberinya insulin. "Gula darahnya sangat tinggi sehingga bisa merusaknya. Hal pertama yang ingin mereka lakukan adalah mengeluarkannya dari zona bahaya itu, ketoasidosis diabetikum," ujar Moore.

Orang dengan diabetes tipe 1 perlu menggunakan insulin seumur hidup. Awalnya Moore khawatir apa artinya itu bagi balitanya.

"Anda tidak pernah berpikir itu akan menjadi anak Anda. Saya baru saja mulai berpikir dia harus berurusan dengan ini di sekolah dasar dan berpotensi diolok-olok," ujarnya.

Merasa haus adalah tanda umum diabetes, tetapi sering diabaikan. "Orang dapat menghubungkan gejala dengan hal lain," kata Deines. 

Gejala lain dari diabetes tipe 1 meliputi kehilangan energi, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan cepat tanpa mencoba dan kurang enak badan. "Mereka bisa datang cukup cepat," kata Deines.

Moore menyadari, Maddox telah kehilangan berat badan. Namun dia berpikir itu karena Maddox sedang sangat aktif. Ditambah lagi tidak ada seorang pun di keluarganya yang menderita diabetes sehingga Moore tidak curiga.

 

Sejak kembali dari rumah sakit, Maddox telah tertawa, tersenyum dan bahagia. Moore mengatakan  penting untuk mendorong orang lain mengikuti naluri dalam hal kesehatan anak mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement