6 Ribu Warga Telah Divaksinasi Melalui Sentra di Unissula

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

6 Ribu Warga Telah Divaksinasi Melalui Sentra di Unissula (ilustrasi)
6 Ribu Warga Telah Divaksinasi Melalui Sentra di Unissula (ilustrasi) | Foto: ANTARA/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Sedikitnya 6.000 orang warga Kota Semarang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19, melalui layanan Sentra Vaksinasi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Koordinator Sentra vaksinasi Unissula, drg Kusuma Arbianti MM mengungkapkan, Sentra  Vaksinasi Covid-19, di kampus Unissula telah dibuka untuk masyarakat di sekitar kampus Unissula sejak tanggal 5 juli 2021 lalu.

Setiap hari, Sentra Vaksin Unissula menyediakan 600 sampai dengan 800 kuota vaksin dan dapat diakses oleh masyarakat umum yang membutuhkan vaksinasi Covid-19.

“Sehingga, sampai dengan hari ini Sentra Vaksinasi Unissula telah melayanai vaksinasi –total-- tak kurang dari 6.000 orang,” ungkapnya, di kampus Unissula, Kaligawe, Semarang, Jumat (16/7).

Dengan ketersediaan kuota vaksin per hari tersebut, lanjut Arbianti, layanan Sentra Vaksinasi Unissula telah memberikan kesempatan besar bagi masyarakat yang ingin mendapatkan  vaksinasi Covid-19.

Di sisi lain, Unissula turut mendukung upaya Pemerintah dalam mendorong herd immunity (kekebalan kolektif) dengan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 di tengah- tengah masyarakat.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 di Sentra Vaksin Unissula bisa melakukan pendaftaran secara daring, melalui laman  victori.semarangkota.go.id.

Pendaftaran secara langsung (luring) di tempat pelaksanaan vaksinasi juga bisa dilayani. “Hanya saja, bagi masyarakat yang langsung mendaftar di tempat, kuotanya masih dibatasi hanya 100 pendaftar per hari,” tambahnya.

Wakil Direktur Pelayanan dan Pendidikan RSIGM Sultan Agung tersebut juga mengungkapkan, pada awalnya jenis vaksin yang digunakan di sentra Vaksinasi Unissula adalah vaksin Sinovac dosis I dan II.

Saat ini, layanan vaksinasi tersebut juga tersedia vaksin Astrazeneca untuk dosis I dan II. Kendati begitu, jenis vaksin yang akan diberikan juga tergantung dari ketersediaan vaksin tiap harinya.

“Sehingga, pemberian vaksin tersebut juga disesuaikan dengan vaksin apa yang tersedia di Sentra Vaksinasi Unissula ini,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga peserta vaksinasi, Sri Sumiyati mengaku, keberadaan sentra vaksinasi di kampus Unissula tersebut sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Terlebih saat ini program vaksinasi terus didorong dan cakupannya juga terus diperluas sebagai salah satu ikhtiar guna menndorong kekebalan komunitas.

Di sisi lain, angka pertambahan kasus Covid-19 di masyarakat, tak terkecuali di Kota Semarang dan sekitarnya juga masih terus terjadi.

Tentunya Sentra Vaksinasi Unissula juga akan sangat membantu dalam upaya ikut melindungi masyarakat. “Saya mengapresiasi, fasilitas ini tentu sangat dibutuhkan masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi,” ungkapnya.

Terkait


RS Sardjito Konversi 70 Persen Bed untuk Penanganan Covid-19

Bansos 100 Ton Beras Disalurkan untuk Warga Ciamis

Percepat Vaksinasi, Jokowi Minta Daerah Habiskan Stok Vaksin

Jatim Lakukan Vaksinasi Door to Door Warga Papua di Surabaya

Lion Parcel Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark