Rabu 21 Jul 2021 13:39 WIB

Selalu Ada Celah Bersyukur, Termasuk Kematian Kita?   

Allah SWT menekankan kepada hamba-Nya pentingnya bersyukur

Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT menekankan kepada hamba-Nya pentingnya bersyukur. Ilustrasi syukur
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Allah SWT menekankan kepada hamba-Nya pentingnya bersyukur. Ilustrasi syukur

REPUBLIKA.CO.ID, — Menjadi seorang mukmin adalah nikmat yang tak ternilai meski kadang kurang disadari. Apapun yang menimpa seorang mukmin akan jadi pintu kebaikan baginya asalkan ia pandai menyikapinya. 

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ، صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ (رواه مسلم)

"Sungguh ajaib mukmin itu. Apa saja yang terjadi itulah yang terbaik untuknya. Semua itu hanya ada pada diri seorang mukmin. Jika ia mendapat kegembiraan ia bersyukur dan itu yang terbaik untuknya. Dan jika ia mendapat kesedihan ia bersabar dan itu juga yang terbaik untuknya."

Tapi kadang kalimat-kalimat ini indah untuk dikatakan tapi sulit untuk dipraktekkan. Ia mudah diucapkan ketika seseorang tidak mengalami langsung musibah, kesedihan, dan kesulitan itu. Ketika ia mengalaminya langsung, di sinilah ia diuji apakah ia bisa mengamalkan apa yang selama ini ia sampaikan ataukah ia gagal di saat ujian. 

Tak jarang ketika kita menasihati seseorang yang sedang ditimpa musibah atau masalah, ia berkata dengan penuh amarah, “Ang pandai mangicek sajo nyo… Ang bisa mangicek saba saba, dek ang dak mangalami langsuang apo nan den alami, cubo lah rasoan kok tibo dek ang suak…” 

(Kamu pandai bicara saja… kamu bisa ngomong sabar dan sabar karena kamu tidak mengalami langsung apa yang saya alami… Cobalah rasakan nanti kalau ini menimpamu…).

Sebenarnya ada tips sederhana yang diajarkan Rasulullah SAW kepada para sahabat ketika mereka ditimpa musibah. Coba simak hadits berikut ini :

إِذَا أَصَابَ أَحَدَكُمْ مُصِيبَةٌ، فَلْيَذْكُرْ مُصَابَهُ بِي، فَإِنَّهَا مِنْ أَعْظَمِ الْمَصَائِبِ رواه الدارمي

“Jika di antaramu mendapat musibah maka ingatlah musibah yang menimpanya karena kepergianku karena ituah sesungguhnya musibah yang paling berat.”

Tak ada musibah yang lebih berat bagi par sahabat selain kepergian Sang Nabi tercinta. 

Apa artinya ini? Ketika kita ditimpa musibah, ingatlah bahwa sesungguhnya ada musibah yang jauh lebih besar dan berat, yang membuat kita merasa bahwa musibah yang kita alami saat ini sebenarnya belum ada apa-apanya. 

Ini juga bisa diartikan bahwa ketika kita ditimpa musibah, sadarilah bahwa itu jauh lebih ringan dari apa yang sebenarnya bisa saja terjadi yang jauh lebih berat.

Misalnya, kita sudah hati-hati dalam berkendara, tapi karena satu dan lain hal, kita terjatuh dan menyebabkan keretakan pada tulang. Kita tetap masih bisa bersyukur dengan berkata pada diri sendiri, "Untung hanya tulang yang retak.

Coba kalau muka atau kepala yang retak. Untung tidak ada kendaraan lain yang melaju kencang yang bisa saja melindas tubuh kita yang terbanting ke aspal." Dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lain yang bisa kita munculkan jika kita mau melihat celah kesyukurannya. 

Yang lebih penting lagi adalah untung...   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement