Jumat 23 Jul 2021 09:56 WIB

Spyware Pegasus Israel, Senjata global untuk Bungkam Kritik

Ponsel Jamal Khashoggi yang terbunuh di Konsulat Saudi dilaporkan ikut diretas.

Red: Teguh Firmansyah
Malware/ilustrasi
Foto: Reuters/Pawel Kopczynski
Malware/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pada 2 Maret 2017, jurnalis Meksiko Cecilio Pineda berbicara tentang dugaan kolusi antara polisi negara bagian dan pemimpin kartel narkoba dalam siaran langsung via Facebook.

Dua jam kemudian, dia tewas ditembak setidaknya enam kali oleh dua pria yang mengendarai sepeda motor.

Baca Juga

Beberapa pekan berselang, Forbidden Stories – jaringan jurnalis global yang terlibat dalam investigasi – mengonfirmasi bahwa tidak hanya Pineda, tetapi jaksa penuntut yang menyelidiki kasus tersebut, Xavier Olea Pelaez, juga menjadi target perangkat mata-mata Pegasus Israel beberapa bulan sebelum dia dibunuh.

Ponsel Pineda yang menghilang dari TKP saat pihak berwenang tiba, juga tidak pernah ditemukan.

Dua minggu setelah itu, kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018, organisasi hak digital Citizen Lab melaporkan bahwa teman dekat Khashoggi, Omar Abdulaziz, telah menjadi sasaran intaian Pegasus yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Israel NSO Group Technologies.

Laporan terbaru dari Forbidden Stories mengungkapkan bahwa spyware Pegasus berhasil dipasang di ponsel tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, hanya empat hari setelah pembunuhannya. Secara keseluruhan, ponsel 180 jurnalis di seluruh dunia menjadi target klien NSO Group Technologies.

Cara kerja spyware Pegasus memungkinkan pengawasan jarak jauh terhadap smartphone. Forbidden Stories, yang melakukan investigasi bersama dengan Lab Keamanan Amnesty International, menemukan bahwa ponsel milik politikus, aktivis masyarakat sipil, dan hakim di banyak negara dipantau oleh Pegasus yang jelas-jelas melanggar undang-undang privasi.

Jaringan jurnalis itu juga mengungkapkan bahwa NSO mampu mengakses data milik 50 ribu wartawan, politisi, pejabat, serta aktivis yang dipilih klien NSO untuk pengawasan.

Analisis forensik

Analisis forensik ponsel mereka – yang dilakukan oleh Lab Keamanan Amnesty International dan peer-review oleh organisasi Kanada Citizen Lab – mampu mendeteksi infeksi atau percobaan infeksi oleh spyware NSO Group dalam 85 persen kasus.

Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/spyware-pegasus-israel-senjata-global-untuk-membungkam-kritik/2311522.

“Angka-angka dengan jelas menunjukkan pelanggaran privasi dalam skala besar, menempatkan kehidupan jurnalis, keluarga, dan rekan mereka dalam bahaya, sekaligus mengancam kebebasan pers,” kata Agnes Callamard, sekretaris jenderal Amnesty International.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement