Universitas Amikom Masuk Ranking 33 Dunia Versi WURI

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Amikom Yogyakarta kembali mendapat pengakuan dari dunia internasional. Tidak tanggung-tanggung, Amikom masuk ranking 33 dunia Worlds Universities with Real Impact (WURI) untuk kategori Industrial Application.

WURI sendiri merupakan sebuah sistem peringkat universitas internasional yang menilai perguruan tinggi dari kontribusi nyata mereka terhadap masyarakat luas. Khususnya, pendekatan kreatif dan inovatif dari bidang penelitian dan inovasi.

Ada lima kategori, yaitu Industrial Application, Entrepreneurial Spirit, Ethical Value, Student Mobility & Openness, dan Crisis Management. Amikom, melalui badan usahanya, PT MSV Sinema (MSV Studio) dinilai memenuhi tiga kriteria penilaian.

Seberapa inovatif, apakah inovasi itu bisa diimplementasi jadi hasil nyata dan seberapa luas dampak produk. Kategori Industrial Application penerapan di dunia industri memiliki nilai lebih dari riset dan pembelajaran metode tradisional.

Rektor Amikom, Prof Suyanto mengatakan, ini merupakan kebahagiaan luar biasa yang tidak bisa dibayangkan. Namun, ia menilai, raihan ini turut menandakan kerja keras Amikom menghasilkan produk-produk inovasi mulai dilihat dunia.

"Kita jadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia, dengan demikian kita nomor satu di Indonesia berdasarkan Industrial Application. Ini juga doa saya sejak dulu agar universitas dinilai dampaknya, memberi solusi nyata kepada dunia," kata Suyanto, Selasa (27/7).

Ia mengaku tidak menyangka Amikom bisa masuk peringkat 33 dunia. Sekaligus, lanjut Suyanto, menjadi pembuktian apa yang dilakukan Amikom selama ini, yang justru tidak terlalu mendapat penghargaan ketika diakreditasi secara domestik.

Walaupun kerap dipandang sebelah mata di dalam negeri, Suyanto meyakini, suatu saat Amikom mampu mengalahkan universitas-universitas dalam negeri tersebut. Hebatnya, pembuktian itu justru datang dari lembaga penilaian internasional.

Amikom peringkat 33 dalam Top 50 Industrial Application WURI. Amikom bersaing dengan kampus-kampus dunia seperti Minerva School at Keck Graduate Institute, Massachusetts Institute of Technology, Stanford, Oxford, dan Cambridge.

Film Battle of Surabaya tentu menjadi salah satu kisah sukses karya original dari Amikom. Setelah itu, karya-karya film animasi lain terus diproduksi Amikom yang bekerja sama dengan sutradara-sutradara dunia, termasuk dari Hollywood.

Terbaru, Amikom lewat MSV Studio juga jadi bagian dalam pembuatan film animasi berjudul Anne Frank yang disutradarai Ari Folman. Film itu masuk official selection untuk out competition yang akan ditayangkan di Cannes Film Festival. "Semoga film ini bisa masuk nominasi Oscar, siapa tahu bisa mendapat Oscar," ujar Suyanto.

Terkait


Swish Pattern

Optimistis Pada Kebaikan

Pacing & Leading

Amikom Gandeng LIPI Helat Webinar Covid-19 dan Deglobalisasi

Presuposisi Negosiasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark