Rabu 28 Jul 2021 05:07 WIB

Apakah Mobil Wajib Dizakati?

Keadilan dan keringanan adalah prinsip-prinsip ajaran Islam.

Red: Ani Nursalikah
Apakah Mobil Wajib Dizakati? Ilustrasi Zakat.
Foto:

2. Berkaitan dengan harta kekayaan yang berupa mobil, apakah harus dikeluarkan zakatnya atau tidak, sebenarnya sudah pernah dibahas oleh Tim Fatwa Agama dan telah dimuat dalam Buku Tanya Jawab Agama jilid 2 halaman 113 dan di Rubrik Fatwa Agama Majalah Suara Muhammadiyah No. 20 Tahun ke-93/ Oktober 2008. Dalam fatwa tersebut dijelaskan bahwa status atau kedudukan mobil itu harus diperjelas terlebih dahulu, apakah sebagai barang dagangan untuk diperjual belikan, dijadikan taksi, ataukah sebagai alat transportasi pribadi/ keluarga yang sangat dibutuhkan.

Dalam hal ini, apabila mobil tersebut sebagai harta dagangan, berarti harta tersebut termasuk harta yang berkembang sehingga wajib dikeluarkan zakatnya, yaitu 2,5 persen setiap satu tahun apabila sudah sampai nishab. Para ulama mengambil ketentuan berkembang sebagai syarat bagi harta yang wajib dizakati berdasar sabda Rasulullah saw, baik lisan maupun perbuatan, yang diperkuat oleh tindakan para khalifah dan shahabat Nabi Muhammad saw, tidaklah mewajibkan zakat atas kekayaan yang dimiliki untuk kepentingan pribadi. Seperti yang ditegaskan dalam hadits pada jawaban butir 1.

Imam an-Nawawi mengatakan bahwa hadits tersebut merupakan landasan bahwasanya kekayaan untuk pemakaian pribadi tidak wajib dizakati. Nabi saw hanya mewajibkan atas kekayaan yang berkembang dan diinvestasikan.

Adapun jika mobil tersebut dijadikan modal usaha, seperti dijadikan taksi, maka hasil dari usaha tersebut harus dizakati sebesar 2,5 persen setiap tahunnya apabila sudah mencapai nishab. Sedangkan mobilnya sendiri hanya dizakati sekali saja apabila uang yang digunakan untuk membeli mobil tersebut belum dizakati. Hal ini sebagaimana tersebut dalam buku al-Amwal fil-Islam Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah terbitan PT. Percetakan Persatuan halaman 20.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement