Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Hikmah di Balik Pandemi

Eduaksi | Sunday, 01 Aug 2021, 10:45 WIB
Sutanto menyerahkan buku karyanya kepada Hj.Emi Masruroh

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung setahun lebih, dan telah memaksa masyarakat untuk hidup dengan tatanan baru harus selalu menerapkan prokes 5M : Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobiltas.

Keadaan tersebut membuat berbagai sendi kehidupan terhambat geraknya tidak leluasa mengadakan berbagai kegiatan seperti dalam kondisi normal.

Dalam dunia Pendidikan juga berdampak dalam berubahnya sistem pembelajaran dari daring menjali luring. Otomatis para guru yang biasanya menyampaikan pelajaran secara tatap muka harus mampu beradaptasi dengan model pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dalam situasi tersebut ternyata banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh para guru, termasuk seperti yang dilakukan oleh guru MTsN 3 Bantul DIY, Sutanto dengan semakin suntuk menekuni hobinya menulis.

Sebenarnya sejak lama Sutanto bermimpi untuk dapat mewujudkan tulisan menjadi sebuah buku, namun belum menemukan jalan.

Bersamaan dengan pandemi, di pertengahan Maret 2020 dia mulai bergabung dengan Komunitas Yuk Menulis (KYM) pimpinan Vitriya Mardiyati.

Progres yang dialami Sutanto termasuk bagus, karena sampai dengan saat ini telah berhasil membuat buku solo, buku pertama “Anggrek Vanda untuk Bunda” (kumpulan 10 cerita anak), buku kedua “Nada-nada Cinta (kumpulan 52 puisi), buku ketiga “Pahlawan Ketapel” (kumpulan 15 cerita anak), buku keempat “Rangkaian Kata Sarat Makna” berupa kumpulan 333 pantun, buku kelima “Burung Berhati Emas” berupa buku kumpulan fabel, buku keenam “Untaian Kata Penuh Makna” (kumpulan 222 pantun), buku ketujuh “Pak RT Menjadi OTG” (True Story).

Buku-biku termasuk mendapat apresiasi berbagai kalangan mulai dari para pejabat dosen, pengawas, guru.

Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bantul yang juga istri Bupati Bantul,Hajjah Emi Masruroh mengapresiasi buku buku Solo yang berjudul Pak RT menjadi OTG dan dan burung berhati emas. Menurut Emi, “Pak RT Menjadi OTG” bisa menggambarkan pengalaman seseorang warga yang pernah terpapar covid 19 sehingga dapat sebagai bacaan yang berguna bagi masyarakat untuk untuk dapat memberikan gambaran tentang kehidupan di Shelter.

“Untuk buku fabel, saya sangat senang karena bisa membantu saya bila suatu saat bercerita di kalangan anak di Bantul,” ujar Emi.

Dosen UGM, Dr. Sugandano,MA

Dosen Ilmu Bahasa dan Budaya Universitas Gadjah Mada, Dr. Suhandano, MA mengapresiasi buku yang berjudul Pahlawan ketapel. Menurutnya buku tersebut sangat positif terutama untuk para pendidik dan juga anak-anak terutama tingkat dasar untuk bisa mengambil pelajaran dari cerita cerita yang mengandung karakter.

“Buku ini sangat komplit, ada cerita yang berlatar belakang tentang pramuka, suasana pedusunan, pantai, tempat wisata, seni tradisional dan juga covid-19,” tandasnya.

Pengawas SMP Gunungkidul, Bonija,M.Pd.I

Sementara pengawas SMP Dikpora Gunungkidul, Bonija, M.Pd.I mengaku senang dengan buku yang berjudul “Untaian Kata Penuh Makna” yang berisi kumpulan 222 pantun. Menurutnya terdapat dua hal dalam buku itu, yaitu yang tersurat berupa keindahan wisata dan pusat kuliner di DIY, sedangkan yang tersirat berupa ajaran perilaku baik yang bisa membentuk karakter seseorang.

“Buku ini sangat cocok dibaca karena di dalamnya terkandung karakter-karakter baik arif dan bijaksana. Semua ada dalam buku ini,” terang Bonija.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image