Sabtu 07 Aug 2021 04:59 WIB

Cara Cegah Tantrum pada Anak Jelang Waktu Tidur

Tidak jarang waktu jelang tidur dibarengi dengan tantrum anak.

Red: Dwi Murdaningsih
Seorang anak memainkan gawai sebelum tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Seorang anak memainkan gawai sebelum tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sejumlah orangtua, menidurkan anak adalah satu tantangan tersendiri. Tidak jarang waktu jelang tidur dibarengi dengan tantrum anak.

Ketika diajak untuk beristirahat tidur kadang anak mulai merengek, berteriak bahkan mengamuk. Meskipun si kecil memang membutuhkan waktu untuk istirahat setelah seharian penuh beraktivitas, namun penolakan dan ketidaksiapan anak untuk berhenti beraktivitas dan beristirahat justru membuat mereka memasuki tantrum yang otomatis membuat pekerjaan orangtua menjadi bertambah.

Baca Juga

Ada banyak alasan mengapa si kecil mengamuk. Bisa karena mereka sedang sakit, tidak nyaman atau hanya sedang tidak mood untuk tidur.

Berikut beberapa tips dan trik yang dilansir dari Times of India yang sekiranya dapat membantu para orang tua untuk menidurkan si kecil pada waktunya.

Beri pilihan

Cobalah untuk membuat si kecil merasa bahwa mereka dapat mengendalikan situasi. Caranya adalah dengan memberi mereka pilihan yang dapat Anda terima.

Anda dapat memberi mereka pilihan tentang buku mana yang ingin mereka baca, mainan apa yang ingin dimainkan sebelum tidur atau jika mereka ingin pergi menyikat gigi terlebih dahulu kemudian membaca buku atau membaca buku terlebih dahulu lalu menyikat gigi. Pada intinya carilah alternatif yang membuat Anda dan si kecil bahagia.

Terapkan rutinitas

Cobalah membiasakan si kecil dengan pola rutinitas karena hal ini dapat membuat segalanya jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas akan membuat si kecil dapat merencanakan apa saja yang harus mereka ikuti dan memberi mereka kebebasan untuk melakukan sesuatu sendiri karena mereka sadar akan langkah-langkah yang harus mereka ambil. Rutinitas secara tidak langsung juga akan meningkatkan kontinuitas tidur dan mengurangi masalah saat waktu tidur si kecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement