Sabtu 07 Aug 2021 08:02 WIB

Keliru Konsumsi Obat Ketika Positif Covid Bisa Berbahaya

Pasien Covid-19 diharapkan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat melakukan panic buying untuk obat maupun vitamin. Padahal, pemerintah telah meminta masyarakat tak berbondong-bondong membeli, menyimpan dan bahkan mengonsumsi obat sendiri tanpa ada resep dari dokter.

Guru Besar Fakultas Farmasi pada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. Zullies Ikawati mengatakan, jika masyarakat salah memberikan atau mengkonsumsi obat tanpa petunjuk yang benar, maka bisa berakibat fatal. Seperti overdosis ataupun keracunan. 

Ia menegaskan, obat yang diminum satu orang belum tentu memiliki efek yang sama dengan orang lain. Sebab, pada dasarnya masing-masing tubuh manusia memiliki respon berbeda terhadap suatu obat.

“Tentu apa saja yang berlebihan dan sembarangan pasti ada risiko. Misalnya saja tidak terkontrol, dipakai dengan sembarang dengan dosisnya berlebih, maka akan berimplikasi terhadap keamanan,” kata dia dalam Katadata Forum Virtual Series “Waspada Konsumsi Obat Ketika Positif Covid-19”, Jumat (6/8).

Prof. Zullies menuturkan, sampai saat ini belum ada obat khusus yang diperuntukkan untuk penyembuhan Covid-19. Menurut dia, seluruh penelitian terkait dengan virus corona masih terus berjalan.

“Artinya obat-obat yang diizinkan untuk antivirus covid sifatnya masih dalam kondisi emergency. Dimana belum ada obat yang benar-benar manjur,” ucap dia.

Ia pun mengungkapkan, belum lama ini publik juga dihebohkan dengan obat Ivermectin. Obat itu disebut sebagai obat terapi Covid-19 yang efektif dan akhirnya diserbu banyak masyarakat. 

Padahal, lanjut dia, Ivermectin tergolong obat keras yang tidak boleh dibeli secara individu tanpa resep dokter. Pada pasien dengan penyakit tertentu, Ivermectin dapat menyebabkan penurunan fungsi hati.

Maka dari itu, Prof. Zullies tegas menyarankan masyarakat agar mengkonsumsi obat disertai dengan konsultasi ke dokter ataupun ahli. Sebab, obat covid-19 terutama antivirus dan antibiotik merupakan obat keras, yang secara regulasi harus dibeli dengan resep dokter.

Ia mengajurkan pasien Covid-19 yang hanya mengalami gejala OTG ataupun ringan, agar tidak mengonsumsi antivirus. Menurut dia, dengan konsumsi makanan bergizi dan sehat, istirahat teratur, mengelola stress, serta minum vitamin C, D maupun Zink sudah bisa melawan virus tersebut.

Menurut dia, vitamin juga tidak hanya berasal dari obat. Melainkan bisa diperoleh dari makanan, buah dan sayur.

“Saat ini kita sedang berhadapan dengan infodemic, informasi-informasi tidak pas. Jadi, kita yang harus lebih kritis. Apapun informasi yang bunyinya berlebihan jangan dipercaya. Kalau misalnya kita mendapat informasi, air kelapa dicampur garam dan jeruk bisa bunuh virus selama satu jam itu jangan percaya. Tapi kalau bisa untuk menambah stamina saya percaya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement