Sabtu 07 Aug 2021 13:40 WIB

Komunitas Pemuda Harap Sabam Tetap Perjuangkan Kemanusiaan

Ia berharap bangsa Indonesia terus menjaga persatuan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemuda (ilustrasi)
Foto: ugm.ac.id
Pemuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan Komunitas Pemudi Bakti Bersatu, Magda, berharap anggota DPD RI paling senior Sabam Sirait itu terus memperjuangkan kemanusiaan. Sabam sendiri merupakan sosok politisi senior sejati yang menjadi teladan bagi anak-anak muda. 

Hal itu Magda sampaikan saat menerima bantuan sosial dari Sabam selaku anggota DPD di kawasan Jakarta Pusat. Menurut dia, Sabam Sirait bukan hanya milik warga Jakarta. Sabam, di matanya, merupakan tokoh nasional, yang menjadi milik semua warga Indonesia. Menurut dia, Sabam pun tak pernah membedakan satu daerah dengan lainnya.

"Sabam itu pejuang kemanusiaan sangat universal. Terbukti selama ini, Sabam tak pernah membedakan latar belakang primordial seseorang baik itu suku, agama maupun rasnya. Beliau juga selalu konsisten dalam menjaga Pancasila, dan selalu mengingatkan kami untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dan membela Pancasila dengan mati-matian," kata Magda, Sabtu (7/8).

photo
Komunitas pemuda menerima bantuan dari politisi senior Sabam Sirait. - (Dok. Pri)

Penerima bantuan sosial lain, Kepala Satkorwil Banser GP Ansor DKI Jakarta, Abdul Mufid, mengucapkan terima kasih atas bantuan sosial yang diberikan oleh Sabam Sirait, yang merupakan anggota MPR RI paling senior. Bantuan ini, kata dia, sangat bermanfaa, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Abdul Mufid mengatakan, sosok Sabam Sirai dekat dengan berbagai kelompok, termasuk tokoh dan warga Nahdlatul Ulama (NU). Sabam, kata dia, merupakan sosok plurali yang mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Mufid pun mengatakan, Sabam dan almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur memiliki hubungan yang sangat erat. "Gus Dur dan Pak Sabam Sirait itu dua sahabat pejuang demokrasi," kata Abdul Mufid.

Dalam komunikasi melalui video call, Sabam Sirait berpesan untuk terus memupuk kebersamaan dan gotong-royong. Indonesia pun berhasil merdeka dari penjajahan karena gotong-royong di antara para pendiri bangsa dan persatuan dari semua elemen.

"Terus jaga Jakarta. Terus jaga Indonesia. Bela mati-matian Indonesia, yang sudah diperjuangkan pada pendahulu kita. Terus besatu dalam kebhinnekaan," kata Sabam.

Sebelumnya, bertema "Bersatu dalam Keragaman, Gotong Royong untuk Negeri" Sabam Sirait berbagi bantuan sosial di masa reses kali ini kepada 20 komunitas di Jakarta. 

Di antara ke-20 komunitas itu adalah Komunitas Relawan Pejuang Covid, Relawan Anti intoleransi, Relawan Pendukung Vaksin, Komunitas Lintas Daerah, Komunitas Pedagang Online, Komunitas Bersatu Anak Bangsa, Komunitas Aksi Indonesia M, Komunitas Pet Lover Jakarta Timur, Komunitas Pecinta Alam Cawang, Komunitas Nasionalis Jakarta, Komunitas Kerukunan Pemuda Nusantara dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement