Senin 09 Aug 2021 06:41 WIB

Surat Al Insyirah Ayat 7, Pentingnya Seimbang Dunia Akhirat

Surat Al Insyirah mempunyai kandungan pesan agung untuk umat Islam

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Surat Al Insyirah mempunyai kandungan pesan agung untuk umat Islam.
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Surat Al Insyirah mempunyai kandungan pesan agung untuk umat Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, – Surat Al Insyirah mempunyai pesan mendalam yang bisa diambil umat Islam, di antaranya adalah ayat ketujuh. 

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.”   

Baca Juga

Merujuk pesan Telegram dari ustadz lulusan Universitas Islam Madinah, Dr Firanda Andirja, terdapat dua pendapat di kalangan ahli tafsir atas ayat tersebut. 

Dia menyebutkan yang pertama, “Jika engkau telah selesai dari urusan akhiratmu maka fokuslah dan seriuslah untuk ibadah selanjutnya.” Dan banyak perkataan salaf akan hal ini, di antaranya:  

  1. Jika engkau telah selesai dari sholat maka seriuslah untuk berdoa
  2. Jika engkau telah selesai dari tasyahhud maka berdoalah untuk dunia dan akhiratmu 
  3. Jika engkau telah selesai dari mendakwahkan risalah maka tegaklah untuk berjihad
  4. Jika engkau telah selesai dari perkara-perkara yang wajib maka tegaklah untuk melaksanakan perkara-perkara yang sunnah (lihat Tafsir As Samaani 6/252) 

Pendapat kedua, فَإِذَا فَرَغْتَ artinya “Maka apabila engkau telah selesai dengan urusan duniamu” dan فَانصَبْ artinya “Tetaplah semangat dan konsentrasi untuk urusan akhirat.” (lihat Tafsir Ibnu Katsir 8/518). Adapun At Thabari memandang ayat ini umum mencakup kedua pendapat tersebut. (lihat Tafsir At Thabari 24/497-499). 

Ayat ini mengingatkan agar berkonsentrasi, serius dan fokus tatkala beribadah, bukan hanya konsentrasi dalam masalah dunianya saja. Seseorang perlu dengan dunia akan tetapi dia lebih butuh terhadap akhiratnya. Allah berfirman: 

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا  “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (QS Al Qasas 77) 

Baca juga : Ilmuwan Temukan Bintang Aneh Terlempar dari Galaksi

Namun dunia juga tidak boleh ditinggalkan, karena setiap orang punya kewajiban. Apakah dia bekerja untuk menafkahi dirinya, anak-anaknya, istrinya, atau orang tuanya. Allah berfirman: 

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.” (QS Al Jumuah 10)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement