Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maudy Khairunnisa

Pandemi Covid-19 Tidak Memadamkan Api Semangat Mahasiswa UHAMKA Dalam Berbagi Kebahagiaan

Info Terkini | Tuesday, 10 Aug 2021, 20:26 WIB

Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka (UHAMKA) secara konsisten mengadakan sebuah proram edukatif yaitu Pemberdayaan Kepada Masyarakat (PKM) atau sebutan lainnya adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang di adakan setahun sekali. Pada saat ini adanya PPKM atau level 4 tidak menghalangi langkah kami untuk tetap bisa melakukan kegiatan PKM ini, dengan tetap mengikuti aturan pemerintah maka kegiatan PKM ini di lakukan secara online. Tahun ini 2021, target PKM yang di adakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UHAMKA) adalah yayasan panti asuhan yang tersebar di wilayah Jabodetabek, yaitu terdiri dari 60 panti asuhan, yang kemudian di bagi menjadi 60 kelompok, dan satu kelompok terdiri dari 10 mahasiswa .

Kami dari kelompok 25 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UHAMKA), mendapatkan target untuk kegiatan PKM di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al-Mukhlisin Cibubur, Alamat : Jl. Mualim Aminudin No.40, RT.3/RW.14, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720. Panti asuhan ini didirikan oleh Ust. H Bambang Sundawa , yang diresmikan pada tanggal 29 juli 2012. Pada saat ini jumlah seluruh anak panti ada 31 orang, terdiri dari 17 anak laki-laki dan 14 anak perempuan dari jenjang TK-SMA/SMK.dan anak-anak panti ini di sekolahkan di sekolah umum. Tidak hanya yatim piatu, panti ini juga menampung para kaum dhuafa. panti ini mempunyai 6 pengurus panti yang terdiri dari, penasehat,menkumham dan sudah tercatat oleh notaris.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 7 Agustus 2021 via daring dan ada perwakilan kelompok yang datang ke panti untuk memberikan bantuan secara langsung. Kegiatan yang kami lakukan yaitu :

1. Pemberian bantuan sosial berupa sembako

2. Bantuan uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah

3. Pelatihan marketing online, dan membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang yang bisa di jual kembali

Dana kami peroleh dari para donatur melalui poster dan proposal yang kami bagikan di media sosial. Penyerahan bantuan secara lagsung di berikan oleh perwakilan kelompok dengan menggunakan protocol kesehatan yang ketat. acara selebihnya di lakukan secara online melalui video conference.

Pandemic covid-19 merupakan pengaruh besar terhadap turunnya perekonomian dunia, namun tidak menhalangi orang- orang yang berhati besar tetap mengulurkan tangan untuk membantu sesama. Berapapun nominalnya akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan, yang terpenting adalah keiklasan dalam memberinya. Kami keluarga besar UHAMKA berupaya untuk dapat merealisasikanya, dan menanamkan kepada seluruh mahasiswa akan sebuah arti indahnya berbagi kebahagiaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image