Rabu 11 Aug 2021 23:50 WIB

Pemprov Sulut Targetkan 20 Ribu Nakes Divaksin Ketiga

Saat vaksin dosis pertama ada sekitar 23 ribu nakes di Sulut yang ikut divaksin

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Seorang vaksinator memperlihatkan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan.
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Seorang vaksinator memperlihatkan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan 20 ribu tenaga kesehatan di daerah itu mendapatkan vaksin dosis ketiga guna mewujudkan kekebalan komunal dari penularan COVID-19.

"Diharapkan semua nakes mendapatkan dosis ketiga, menambah kekebalan serta bisa secara normal memberikan pelayanan di fasilitas kesehatan," kata Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara dr Steaven Dandel MPH di Manado, Rabu (11/8).

Meski demikian, katanya, belum semua nakesmendapatkan vaksin dosis ketiga ini karena ada di antara mereka yang terkonfirmasi COVID-19 dan masih harus menjalani perawatan.

"Saat vaksin dosis pertama ada sekitar 23 ribu nakes yang divaksin. Tapi pemberian dosis ketiga ini kami targetkan ada sekitar 19 ribu-20 ribu nakes yang akan divaksin," ujarnya.

Dia berharap, setelah menjalani perawatan bagi nakes yang terpapar, beberapa bulan ke depan segera mendapatkan vaksinasi dosis ketiga."Vaksin ini juga akan dikirimkan hingga ke kabupaten dan kota sehingga semua nakes bisa terlayani vaksin," ujarnya.

Data Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut per 10 Agustus 2020, dua daerah yang melakukan vaksinasi dosis ketiga, yaitu Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara. Di Kota Manado 1.330 orangdivaksin, sedangkan di Kabupaten Minahasa Utara 99 orang. Total untuk Sulut 1.429 orang mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement