Jumat 13 Aug 2021 05:50 WIB

Manfaat Membaca Surat Al Baqarah pada Malam Jumat

Surat Al Baqarah merupakan salah satu surat yang istimewa

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Surat Al Baqarah merupakan salah satu surat yang istimewa. Awal surat Al-Baqarah Ilustrasi
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Surat Al Baqarah merupakan salah satu surat yang istimewa. Awal surat Al-Baqarah Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, - Surat Al Baqarah merupakan surat dengan jumlah ayat terbanyak dalam Alquran.

Al Baqarah tersusun dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf. Al Baqarah artinya sapi betina, sebab pada surat ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil tepatnya terdapat pada ayat 67-74. 

Baca Juga

Surat Al Baqarah juga memiliki beberapa nama lain yaini Fustatul Quran karena memuat sejumlah ayat yang menjelaskan hukum-hukum yang tak terdapat dalam surat lainnya, lalu juga dinamai Alif Lam Mim berdasarkan ayat pertama pembukaan surat. 

Surat al Baqarah mempunyai keistimewaan tersendiri bagi orang yang membacanya. Orang yang membacanya akan senantiasa memperoleh petunjuk Allah dalam menjalani hidup. 

Sebagaimana yang diwasiatkan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan di dalam kitab Washiy al-Musthafa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafiii Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran.

يَا عَلِيُّ، مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْبَقَرَةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ طَلَعَ لَهُ نُوْرٌ مَا بَيْنَ السَّمَاءِ السَّابِعَةِ إِلَى تَحْتِ الْأَرْضِيْنَ

"Wahai Ali barangsiapa yang membaca surat Al Baqarah tiap malam jumat maka akan tampak cahaya bagi orang tersebut mulai dari langit tujuh sampai bumi."

Baca juga : 5 Akhlak Rasulullah SAW

Maknanya orang tersebut akan terus memperoleh petunjuk hidayah dari Allah sehingga jalan hidupnya akan berada dalam kebenaran dan terhindar dari setiap kemaksiatan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement