Jumat 13 Aug 2021 13:36 WIB

Indonesia Kirim Atlet Paralimpiade Terbanyak dalam Sejarah

Sebelumnya, Indonesia paling banyak mengirim atlet ke Seoul 1988 dengan 19 atlet.

Red: Endro Yuwanto
Seorang pria mengendarai sepedanya di dekat kampung atlet untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2020, Kamis, 15 Juli 2021, di Tokyo, Jepang.
Foto: AP/Jae C. Hong
Seorang pria mengendarai sepedanya di dekat kampung atlet untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2020, Kamis, 15 Juli 2021, di Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia bakal mengirim 23 atlet ke Paralimpiade Tokyo 2020 pada 24 Agustus hingga 5 September 2021. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan tim Merah Putih pada pesta olahraga terbesar dunia untuk atlet disabilitas tersebut.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah atlet terbanyak setelah Thailand dengan 41 atlet. Tim Merah Putih berada di atas Malaysia yang mengirim 22 atlet, Singapura dan Vietnam sama-sama mengirim tujuh atlet, Filipina enam atlet, serta Myanmar dengan satu atlet.

Jika dibandingkan dengan Paralimpiade Rio de Janeiro 2016, jumlah atlet Indonesia naik signifikan. Ketika itu, kontingan Merah Putih berkekuatan sembilan atlet, kalah banyak dari Thailand (45), Malaysia (19), Singapura (13), dan Vietnam (11).

Wakil Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengungkapkan sejumlah faktor yang membuat Indonesia akhirnya bisa mengirim atlet dengan jumlah terbanyak sepanjang sejarah Paralimpiade.

Menurut Rima, sejak kualifikasi Paralimpiade Tokyo dimulai pada 2017, Indonesia langsung tancap gas dengan mengikuti berbagai kejuaraan.

"Artinya, dalam lima tahun kami mempersiapkan diri dengan mengikuti berbagai turnamen untuk mengumpulkan ranking poin, kualifikasi poin, partisipasi poin. Dan hasil dari berbagai kompetisi tersebut yang menentukan lolos tidaknya atlet ke Paralimpiade Tokyo," kata Rima, Kamis (12/8).

Merujuk pada data dari Komite Paralimpiade Internasional (IPC), 23 atlet di Tokyo menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah Indonesia ikut serta di Paralimpiade. Sebelumnya, Indonesia paling banyak mengirim atlet ke pesta olahraga empat tahunan itu adalah ketika turun di Paralimpiade Seoul 1988 dengan 19 atlet.

Debut Indonesia di Paralimpiade terjadi pada 1976 ketika bergulir di Toronto, Kanada. Kala itu, Indonesia mengirim 12 wakil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement