Jumat 13 Aug 2021 18:27 WIB

SDIT NF Luncurkan Buku Aku dan Pramuka di Hari Pramuka ke-60

Peluncuran buku Aku dan Pramuka sesuai dengan tema Berbakti tanpa Henti

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
SDIT Nurul Fikri meluncurkan sebuah buku kumpulan cerita karya siswa yang berjudul Aku dan Pramuka, Asyik dan Serunya Kemah Virtual.
Foto: NF
SDIT Nurul Fikri meluncurkan sebuah buku kumpulan cerita karya siswa yang berjudul Aku dan Pramuka, Asyik dan Serunya Kemah Virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari ke-60 Pramuka di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri digelar secara terbatas tanpa adanya Pasukan Tunas Muda sebagai pengibar bendera. Berbeda dengan tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi upacara pramuka tahun ini dilakukan secara virtual pada Jumat (13/8).

Salah satu panitia acara, Aminullah mengatakan mengingat perkembangan bencana Covid-19 masih mewabah, maka Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 akan dilaksanakan secara Virtual.

“Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 akan tetap dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19, dengan secara virtual. Berdasarkan kondisi tersebut, maka di dalam pelaksanaanya, upacara Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 di Gugus Depan 04.103-04.104 pangkalan SDIT Nurul Fikri akan dilakukan secara sederhana, khidmat, dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19,” ungkap Amin.

Upacara Pramuka yang bertema Berbakti Tanpa Henti diikuti oleh seluruh siswa SDIT Nurul Fikri sementara Tim Pramuka Garuda atau Garuda 19 yang bertugas dalam upacara.

Rafif Akhyar Ghifari siswa dari kelas 6 menjadi komandan upacara dan pembina upacara dipimpin oleh Kak Fahmi Irvansyah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka. Mabigus) SDIT Nurul Fikri.

Selain memperingati Hari Pramuka dalam rangka untuk mendukung program literasi kepada siswa SDIT Nurul Fikri meluncurkan sebuah buku kumpulan cerita karya siswa yang berjudul Aku dan Pramuka, Asyik dan Serunya Kemah Virtual.

Aminullah, mengatakan peluncuran buku ini sebagai wujud untuk memberikan sesuatu yang berbeda di hari pramuka. "Ini sebagai nilai jual Nurul Fikri bahwa kita punya keunggulan diantaranya anak-anak kita berbakat untuk menulis," ungkap Amin.

Amin berujar dengan adanya buku tersebut diharapkan dapat memberikan hal positif kepada siswanya mulai dari tingkat siaga, penggalang dan penegak sesuai dengan slogan yang diberikan oleh Kwarnas yaitu Berbakti Tanpa Henti.

"Terus berkarya berbakti tanpa henti dengan adanya hari pramuka ini Nurul Fikri tetap semangat meskipun dalam kondisi online kita berkegiatan, insya Allah terus bersemangat," serunya.

Adanya peluncuran buku ini, Amin mengatakan selain untuk memberikan kenangan yang terbaik berupa buku kepada para siswanya juga ia berharap setiap anggota pramuka selalu bersemangat untuk menulis untuk kemajuan literasi di Indonesia.

Gerakan Pramuka secara berkesinambungan setiap 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka yang diisi dengan berbagai kegiatan, baik seremonial, sosial maupun bakti, sesuai dengan slogan di hari Pramuka ke-60 ini yaitu Berbakti Tanpa Henti. Hal ini diharapkan dengan adanya moment hari Pramuka ini juga menjadi wadah tempat proses pembelajaran. Selain itu juga hari Pramuka ini bisa membuat pemahaman dan pengetahuan sejarah yang sangat erat dengan Gerakan Pramuka itu sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement