Sabtu 14 Aug 2021 12:46 WIB

Nadia: BOR ICU di 6 Provinsi Luar Jawa di Atas 80 Persen

Nadia Tarmizi menyebut BOR isolasi di seluruh daerah tak lebih dari 80 persen

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi.Nadia Tarmizi menyebut BOR isolasi di seluruh daerah tak lebih dari 80 persen
Foto: Dok BNPB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi.Nadia Tarmizi menyebut BOR isolasi di seluruh daerah tak lebih dari 80 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Kesehatan mencatat terjadinya penurunan angka BOR isolasi di berbagai daerah. Berdasarkan data Kemenkes per 12 Agustus, tempat perawatan isolasi di seluruh daerah di Indonesia kini tak lebih dari 80 persen.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi pun mengapresiasi perbaikan kondisi ini sehingga dapat menekan beban sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit. “Per 12 Agustus tidak ada provinsi yang mencatatkan tempat perawatan isolasi lebih dari 80 persen,” ujar Nadia saat konferensi pers.

Kendati demikian, BOR ICU di beberapa daerah masih tercatat lebih dari 80 persen. Yakni di Bali, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan saat ini pemerintah tengah menggalakkan pelacakan kontak erat yang menjadi kunci untuk menemukan kasus lebih awal. Sehingga jika ditemukan masyarakat yang terpapar virus corona dapat segera dilakukan isolasi atau karantina agar penyebaran kasus tak semakin meluas.

Upaya pelacakan kontak erat ini turut melibatkan seluruh pihak, terutama TNI dan Polri sehingga jumlah kontak erat yang dilacak akan semakin meningkat.

“Kita akan terus mengupayakan tracing ditingkatkan dengan memperbaiki sistem aplikasi pencatatan dan pelaporan,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement